Pesan Dakwah Ustadz Adi Hidayat Dalam Program AQSO (Al-Qur'an Sunnah Solution) (Studi Analisis Isi pada Akun YouTube Adi Hidayat Official)

Falahudin, Falahudin (2023) Pesan Dakwah Ustadz Adi Hidayat Dalam Program AQSO (Al-Qur'an Sunnah Solution) (Studi Analisis Isi pada Akun YouTube Adi Hidayat Official). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510109_COVER.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510109_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (898kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510109_BAB I.pdf

Download (279kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_191510109_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (581kB)
[img] Teks
S_KPI_191510109_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (233kB)
[img] Teks
S_KPI_191510109_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510109_BAB V.pdf

Download (209kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510109_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Melihat perkembangan zaman saat ini, media sosial banyak digandrungi mayoritas masyarakat Indonesia khususnya. Media sosial salah satu sarana di era digital untuk memudahkan informasi komunikasi, informasi tidak hanya berujung kepada informasi yang sifatnya keduniawian, akan tetapi informasi yang sifatnya berkaitan dengan keakhiratan. Bisa digunakan sebagai media berdakwah, karena kebanyakan aktivitas masyarakat menggunakan media sosial, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa hingga lansia, sehingga perlunya dakwah di dalam media sosial. Dalam Islam dakwah bisa dilakukan melalui tulisan, lisan dan perbuatan. Dakwah lisan menggunakan media Youtube salah satu sarana untuk mengetahui berbagai persoalan kehidupan. Salah satu da'i yang cukup intens memanfaatkan media sosial adalah Ustadz Adi Hidayat dalam akun Youtube bernama Adi Hidayat official merupakan akun resmi yang dibuat dan dikelola khusus untuk kegiatan dakwah Ustadz Adi Hidayat, yang didalamnya terdapat program AQSO (Al-Qur’an Sunnah Solution). Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penyampaian Ustadz Adi Hidayat dalam program AQSO (Al-Qur'an Sunnah Solution) pada akun Youtube Adi Hidayat Official? 2). Apa isi pesan dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam program AQSO (Al-Qur'an Sunnah Solution) pada akun Youtube Adi Hidayat Official? Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui penyampaian Ustadz Adi Hidayat dalam program AQSO (Al-Qur'an Sunnah Solution) pada akun Youtube Adi Hidayat Official. 2). Untuk mengetahui isi pesan dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam program AQSO (Al-Qur'an Sunnah Solution) pada akun Youtube Adi Hidayat Official. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode studi deskriptif analisis isi yang mengacu pada teori Krippendorff. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Akun Youtube Adi Hidayat official milik Ustadz Adi Hidayat tersebut memiliki 3,36 Juta Subscribers dengan 1,3 ribu Video dan telah di tonton 246.489.811 kali. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Oktober 2022 - Februari 2023. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penyampaian Ustadz Adi Hidayat dalam program AQSO (Al-Qur’an Sunnah Solution) pada akun Youtube Adi Hidayat Official terdapat tiga cara yaitu : 1). Pembukaan dakwah, meliputi langsung menyampaikan topik ceramah, menyampaikan latar belakang masalah, menghubungkan kejadian yang sedang hangat, mengutip ayat Al-Qur’an serta memberikan humor. 2). Penyampaian dakwah, meliputi kontak mata, olah visual, serta olah vokal. 3). Penutupan dakwah, meliputi menganjurkan untuk bertindak, pengumuman, memohon maaf dan ucapan terimakasih, serta berdo’a. Dalam penyampaian ceramahnya Ustadz Adi Hidayat duduk di kursi menghadap audiens dan berdiri menulis dipapan tulis. Sedangkan isi pesan dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat berisikan 1). Pesan Aqidah, 2). Pesan Syariah, dan 3). Pesan Akhlak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis Isi, Pesan Dakwah, Youtube, Adi Hidayat
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Mar 2023 07:59
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11736

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.