Urgensi Public speaking dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa di Depan Publik (Studi Aktivis Mahasiswa Organisasi Internal Kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Gustiya, Nurul (2023) Urgensi Public speaking dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa di Depan Publik (Studi Aktivis Mahasiswa Organisasi Internal Kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510117_COVER.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510117_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (594kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510117_BAB I.pdf

Download (252kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510117_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (420kB)
[img] Teks
S_KPI_181510117_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (106kB)
[img] Teks
S_KPI_181510117_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (259kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510117_BAB V.pdf

Download (149kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510117_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pada dasarnya kemampuan public speaking dapat dipelajari dan dilatih dengan berbagai cara. Kesadaran akan pentingnya public speaking sudah ada sejak berabad-abad lampau. Sejarah mencatat bahwa kegiatan public speaking telah dilakukan di Yunani dan Romawi Kuno dalam bentuk retorika. Saat ini, public speaking merupakan salah satu kemampuan mutlak yang dibutuhkan di era globalisasi. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran public speaking dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa? 2) Bagaimana implementasi public speaking di kehidupan organisasi mahasiswa? Pada rumusan masalah diatas, adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran public speaking dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa. 2) Untuk Mengetahui implementasi public speaking di kehidupan organisasi mahasiswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari apa yang telah diteliti. Sedangkan, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada proses dokumentasi yang dilakukan dalam menunjang proses penelitian, peneliti menggunakan alat berupa handphone guna merekam sekaligus mendokumentasikan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Public speaking memiliki peranan penting bagi pengembangan diri mahasiswa di UIN Banten, seperti meningkatkan kemampuan menyampaikan pesan secara efektif, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan keterampilan diri. 2) Mahasiswa UIN Banten mengimplementasikan public speaking sangat beragam terutama pada kehidupan organisasi mahasiswa, seperti dengan menjadi pembawa acara formal, pengajar, motivator, maupun pembicara bisnis handal. Dan pembelajaran public speaking begitu urgent bagi kalangan mahasiswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Public Speaking, Kemampuan Komunikasi, Komunikasi Publik
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Mar 2023 04:29
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11725

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.