Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Talk pada Santri yang Kurang Memiliki Self Confidence pada Program MIBAT di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah Kota Serang

Anwarullah, Egi (2023) Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Talk pada Santri yang Kurang Memiliki Self Confidence pada Program MIBAT di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_1815201190_COVER.pdf

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_1815201190_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (566kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_1815201190_BAB I.pdf

Download (244kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_1815201190_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (483kB)
[img] Teks
S_BKI_1815201190_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (126kB)
[img] Teks
S_BKI_1815201190_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (251kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_1815201190_BAB V.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_1815201190_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang penting pada santri, tanpa adanya kepercayaan diri akan banyak menimbulkan masalah. Salah satu cara untuk melatih kepercayaan diri santri adalah dengan diadakannya pelatihan Minat dan Bakat (MIBAT). Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana self confidence yang dimiliki santri dalam kegiatan Minat dan Bakat (MIBAT)? 2) Bagaimana penerepan teknik self talk pada santri yang kurang memiliki self confidence pada program Minat dan Bakat (MIBAT)? 3) Bagaimana hasil teknik self talk pada santri yang kurang memiliki self confidence pada program Minat dan Bakat (MIBAT)? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui self confidence yang dimiliki santri dalam kegiatan Minat dan Bakat(MIBAT). 2) Untuk mengetahui self confidence pada program Minat dan Bakat (MIBAT). 3) Untuk mengetahui hasil teknik self talk pada santri yang kurang memiliki self confidence pada program Minat dan Bakat (MIBAT). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif tindakan. Objek penelitian ini yaitu enam santri Al-Fathaniyah Al-Qur’an Baiturrahim yang memiliki permasalahan dengan kepercayaan dirinya ketika tampil MIBAT. Pengumpulan data yang digunakan diantaranya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1. Faktor yang mempengaruhi rasa kurangnya percaya diri responden ketika minat dan bakat (MIBAT) diantaranya: belum terbiasa, tidak begitu antusias dengan minat dan bakat (MIBAT), kurang latihan, faktor lingkungan, pengalaman hidup, dan tingkat pendidikan. 2. Proses konseling menggunakan teknik self talk pada santri Pondok Pesantren Al-Fathaniyah untuk meningkatkan rasa percaya diri pada minat dan bakat (MIBAT), hasilnya cukup efektif. 3. Dapat dilihat dari keenam responden tersebut yang mengalami perubahan dari yang awalnya belum begitu percaya diri ketika menjadi petugas atau ikut lomba, kini menjadi lebih percaya diri. Hasil tersebut menunjukkan perubahan perilaku responden ke arah yang lebih positif atau lebih baik daripada sebelumnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Minat dan Bakat (MIBAT), Percaya Diri, Self Talk
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 20 Mar 2023 03:28
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11694

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.