Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Pengentasan Kemiskinan (Studi Di Desa Cilabanbulan Kecamatan Menes)

Nurkholisoh, Iis (2023) Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Pengentasan Kemiskinan (Studi Di Desa Cilabanbulan Kecamatan Menes). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410199_COVER.pdf

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410199_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (511kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410199_BAB I.pdf

Download (295kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_181410199_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (501kB)
[img] Teks
S_ES_181410199_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img] Teks
S_ES_181410199_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (505kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410199_BAB V.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410199_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kemiskinan adalah sebuah fenomena yang terjadi hampir disemua negara berkembang. Kemiskinan muncul dari ketidak mampuan sebagian orang untuk mengatur kehidupan mereka. Kondisi ini menyebabkan menurunnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan berujung pada rendahnya produktivitas dan pendapatan. Kemiskinan di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Program-program masyarakat sudah banyak dilaksanakan oleh pemerintah, salah satunya yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui (1) sejauh mana efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap kualitas pendidikan di Desa Cilabanbulan Kecamatan Menes, (2) untuk mencari tahu faktor penghambat dari efektivitas pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Cilabanbulan Kecamatan Menes (3) untuk mencari tahu solusi dari permasalahan yang timbul dari pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Cilabanbulan Kecamatan Menes. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan ini akan diperoleh data dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumen resmi lain yang mendukung. Digunakannya metode ini bertujuan untuk membuat deskriptif, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai suatu objek., teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi dan data sekunder berupa dokumen terkait dengan penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan non-probability sampling dengan teknik purpose sampling dan mengukur sampel dengan rumus Slovin. Untuk mengukur efektif tidaknya, dilihat dari 3 indikator yaitu tujuan, sasaran dan hasil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan pengentasan kemiskinan di Desa Cilabanbulan masuk dalam kategori efektif dengan skor, kebutuhan kesehatan dan kebutuhan pendidikan anak. Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Cilabanbulan bisa dikatakan belum tepat sasaran, hal ini disebabkan oleh kurangnya evaluasi dan komunikasi antara Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dengan pejabat desa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas, PKH, dan Pengentasan Kemiskinan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 336 Umum keuangan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 13 Mar 2023 08:07
Perubahan Terakhir: 13 Mar 2023 08:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11649

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.