Fuad, Irfan Alfa (2023) Pemikiran Buya Hamka Tentang Guru Ideal dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Relevansinya terhadap Isi Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_161210076_Cover.pdf Download (180kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210076_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210076_BAB I.pdf Download (525kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_161210076_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (520kB) |
||
Teks
S_PAI_161210076_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (675kB) |
||
Teks
S_PAI_161210076_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (537kB) |
||
|
Teks
S_PAI_161210076_BAB V.pdf Download (274kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210076_Daftar Pustaka.pdf Download (186kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh konsep guru ideal menurut tokoh pendidikan Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap konsep guru PAI ideal menurut Buya Hamka dan Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (Library Research) dan studi dokumen. Analisis data penelitian dilakukan dalam bentuk reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep guru ideal menurut Buya Hamka dapat digolongkan ke dalam tiga lingkup yaitu: 1) konsep guru berhubungan dengan dirinya sendiri (beriman, berintegritas, senantiasa belajar dan merespon perkembangan zaman, dan berkepribadian mulia), 2) konsep guru berhubungan dengan perannya dalam proses pembelajaran (mampu menjalankan hubungan baik antara dirinya dengan murid, serta mampu menguasai materi ajar, mengelola kelas, dan memahami perkembangan psikologi murid), dan 3) konsep guru berhubungan dengan perannya di tengah masyarakat (tidak canggung bergaul dengan siapapun, senantiasa menjaga hubungan baik dengan orang tua murid, sesama guru, dan masyarakat luas, dan memahami bahwa keberhasilan pendidikan sangat tergantung kepada pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat) sedangkan konsep guru ideal dalam Undang-undang Guru dan Dosen mencangkup aspek definisi (berimplikasi pada tugas), kedudukan, fungsi, tujuan, prinsip profesionalitas, kualifikasi dan kompetensi, serta hak dan kewajiban guru. Pemikiran Buya Hamka tentang konsep guru ideal memiliki relevansi dengan konsep guru dalam Undang-undang Guru dan Dosen yang berada pada aspek definisi guru (berimplikasi pada tugasnya), aspek kewajiban guru (poin kedua, keemat, kelima), aspek prinsip profesionalitas guru poin (kesatu, kedua, ketiga), aspek kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial guru.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Guru ideal; Pendidikan Islam; Profesionalisme Guru |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Mar 2023 03:35 |
Perubahan Terakhir: | 09 Mar 2023 03:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11591 |
Actions (login required)
Lihat Item |