Pemanfaatan Produk Olahan Talas Beneng dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Talaga Warna Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Provinsi Banten

Haq, Qorina Amalia (2023) Pemanfaatan Produk Olahan Talas Beneng dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Talaga Warna Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Provinsi Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530101_Cover.pdf

Download (135kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530101_Lampiran Depan.pdf

Download (658kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530101_BAB I.pdf

Download (254kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_181530101_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (491kB)
[img] Teks
S_PMI_181530101_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (873kB)
[img] Teks
S_PMI_181530101_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (262kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530101_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530101_Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tanaman talas beneng merupakan salah satu potensi lokal yang ada di Desa Talaga Warna. Tanaman ini dikembangkan oleh CV. Rekan Tani Sejahtera. Apabila diolah dengan baik maka akan memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui proses pemberdayaan apa saja yang dilakukan CV. Rekan Tani Sejahtera dalam pemanfaatan produk olahan talas beneng untuk peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Talaga Warna, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. 2) Untuk mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan masyarakat di Desa Talaga Warna melalui produk olahan talas beneng. 3) Untuk menjelaskan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat bagi berlangsungnya kegiatan produksi dan pemasaran produk olahan talas beneng di Desa Talaga Warna, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi yaitu mengamati secara langsung kegiatan pemberdayaan yang dilakukan di Desa Talaga Warna, wawancara dengan 5 narasumber yaitu 3 anggota, ketua dan pendiri CV dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada Agustus 2022 sampai November 2022. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa CV. Rekan Tani Sejahtera melakukan proses pemberdayaan masyarakat dengan melakukan beberapa tahapan yaitu; tahap persiapan, tahap pengkajian, tahap perencanaan alternatif program kegiatan, tahap perumusan rencana aksi, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap terminasi. Setelah melakukan proses pemberdayaan masyarakat, maka manfaat yang didapat masyarakat adalah manfaat sosial dan manfaat ekonomi. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan kegiatan produksi dan pemasaran produk yaitu; 1) faktor pendukung antara lain adanya kontribusi CV. Rekan Tani Sejahtera, bahan baku dan peralatan cukup tersedia, perawatan tanaman yang mudah dan murah, 2) faktor penghambat antara lain cuaca yang tidak menentu, tingginya kadar asam oksalat, rendahnya sumber daya manusia, kurangnya motivasi serta keterampilan wirausaha, minimnya perhatian pemerintah, kurangnya kesadaran akan pemanfaatan lahan tidak produktif, akses pemasaran yang terbatas dan minimnya pengetahuan akan teknologi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Ekonomi, Pemberdayaan, Talas Beneng
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 03 Mar 2023 03:41
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.