Peran Wakaf Dalam Perluasan Aset Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Umat di Yayasan Pendidikan Al-Khairiyah Badamusalam Kecamatan Kasemen Kota Serang Provinsi Banten

Ikhsanudin, Ikhsanudin (2023) Peran Wakaf Dalam Perluasan Aset Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Umat di Yayasan Pendidikan Al-Khairiyah Badamusalam Kecamatan Kasemen Kota Serang Provinsi Banten. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_182310061_Cover.pdf

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_182310061_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_182310061_BAB I.pdf

Download (393kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_ES_182310061_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (622kB)
[img] Teks
T_ES_182310061_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (220kB)
[img] Teks
T_ES_182310061_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (268kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_182310061_BAB V.pdf

Download (16kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_ES_182310061_Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Wakaf dalam Perluasan Aset Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Umat di Yayasan Pendidikan Al-Khairiyah Badamusalam Kecamatan Kasemen Kota Serang Provinsi Banten yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Khairiyah Badamusalam (YPIAB) Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangani (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data yaitu dengan wawancara dan observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui metode pengumpulan data di lapangan dan arsip-arsip penting. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menuangkan hasil penelitian dalam bentuk paragraf. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa Peran Wakaf dalam Perluasan Aset Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Umat di Yayasan Pendidikan Al-Khairiyah Badamusalam (YPIAB) Kecamatan Kasemen Kota Serang Provinsi Banten menghasilkan 4 sekolah di kawasan Kecamatan Kasemen, dan beberapa unit usaha seperti kantin dan empang. Sekolah yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Khairiyah Badamusalam telah memiliki fasilitas atau prasana yang dapat dibilang cukup lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar di sana. Kondisinya pun masih terawat. Hal tersebut membuktikan bahwa pengelolaan harta wakaf oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Khairiyah Badamusalam telah terlakasana dengan baik dan efisien sehingga mampu mendirikan 4 sekolah dengan prasarana pendukung yang cukup lengkap. Hal lain yang disoroti pula yaitu pemberdayaan ekonomi umat melalui aset harta wakaf yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Khairiyah Badamusalam, melalui aset usaha yang dikelola mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya, hingga lulusan SMA Swasta Plus Al-Khairiyah pun ikut andil dalam perkembangan ekonomi di Kecamatan Kasemen.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Wakaf, Perluasan Aset Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi Umat
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Feb 2023 07:30
Perubahan Terakhir: 27 Feb 2023 07:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11542

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.