Strategi Komunikasi Pengembangan Kaderisasi Organisasi Eksternal Mahasiswa (Studi di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Islam Universitas Math’laul Anwar Pandeglang)

Arifin, Tajul (2023) Strategi Komunikasi Pengembangan Kaderisasi Organisasi Eksternal Mahasiswa (Studi di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Islam Universitas Math’laul Anwar Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510150_COVER.pdf

Download (171kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510150_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (378kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510150_BAB I.pdf

Download (268kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510150_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (316kB)
[img] Teks
S_KPI_181510150_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (181kB)
[img] Teks
S_KPI_181510150_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (442kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510150_BAB V.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510150_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Mahasiswa menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dari dunia intelektual kampus, pergerakan mahasiswa telah menjadi roh dalam dinamika kampus yang ternyata kini sebagian besar mahasiswa tidak peduli terhadap peran aktivis yang memperjuangkan hak-hak mahasiswa. Padahal pergerakan mahasiswa memiliki andil sangat penting dalam mengawal kebijakan kampus. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengembangan kaderisasi di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Islam Universitas Math’laul Anwar Pandeglang? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan kaderisasi di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Islam Universitas Math’laul Anwar Pandeglang? Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis studi perbandingan, pendekatan penelitian melalui kualitatif deskriptif. Menggunakan Teknik pengumpulan data. Penelitian dilaksanakan pada Agustus 2022 hingga September 2022, dengan jumlah informan dalam penelitian ini adalah 6 orang diantaranya: Ketua umum, Sekretaris umum dan pengurus dari kedua organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Islam Universitas Math’laul Anwar Pandeglang. Hasil penelitian, menyatakan bahwa strategi komunikasi dalam mengembangkan kaderisasi di PMII dan HMI melalui secara langsung dan tidak langsung lewat sosialisasi, membuka stand pendaftaran, seminar serta diskusi. Faktor pendukung dalam mengembangkan kaderisasi organisasi PMII yaitu distribusi kader kedalam internal kampus kuantitas kader banyak, Adapun HMI Pengurus dan kader yang masih aktif, dukungan senior dan alumni serta kedua organisasi tersebut memiliki jaringan yang luas. Sedangkan faktor penghambat PMII yaitu banyak pengurus yang tidak aktif dan HMI yaitu kekurangan Sumber Daya Manusia, Sedikitnya Kader HMI yang ada di Ormawa Internal kampus. Adapun Hambatan keduanya sentimen dengan sesama organisasi eksternal dan internal Kampus.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Komunikasi Organisasi, Kaderisasi Organisasi PMII dan HMI
Subjek: 600 Teknologi > 606 Organisasi
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Feb 2023 03:43
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11537

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.