Strategi Pembinaan Akhlak Anak Yatim Melalui Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin (Studi di Yayasan Panti Asuhan Noorena Majid Kabupaten Lebak)

Nafilah, Hana (2023) Strategi Pembinaan Akhlak Anak Yatim Melalui Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin (Studi di Yayasan Panti Asuhan Noorena Majid Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210027_Cover.pdf

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210027_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210027_BAB I.pdf

Download (340kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210027_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (462kB)
[img] Teks
S_PAI_181210027_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (144kB)
[img] Teks
S_PAI_181210027_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (299kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210027_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210027_Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui Strategi Pembinaan Akhlak Anak Yatim Yang Terdapat Pada Kitab Akhlak Lil Banin di Yayasan Panti Asuhan Noorena Majid Kabupaten Lebak. 2). Untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin di Yayasan Panti Asuhan Noorena Majid Kabupaten Lebak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data diperoleh dari sumber data primer yaitu Kepala Yayasan Panti Asuhan Noorena Majid dan Pengajar kitab Akhlak Lil Banin. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teori Miles dan Hubermans, langkah-langkah analisis meliputi pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi pembinaan akhlak anak yatim yang terdapat pada kitab Akhlak Lil Banin di Yayasan Panti Asuhan Noorena Majid Kabupaten Lebak ialah melalui keteladanan, pembiasaan, nasehat, targhib wa tarhib. Pelaksanaan pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin di Yayasan Panti Asuhan Noorena Majid Kabupaten Lebak meliputi beberapa tahapan: Pertama, tahap persiapan yang dimulai dengan membaca basmallah dan bertawasul dihadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW, pengarang kitab dan orang tua masing-masing serta berdoa bersama. Kedua, tahap inti pembelajaran yang berisi pemberian materi kitab Akhlak Lil Banin, metode pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin yaitu menggunakan metode wetonan. Ketiga, tahap penutup yang berisi pemberian penguatan dan nasehat, kemudian diakhiri pembacaan doa, bershalawat dan salam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Pembinaan Akhlak, Kitab Akhlak Lil Banin
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 23 Feb 2023 07:50
Perubahan Terakhir: 23 Feb 2023 07:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.