Pesan Akhlak dalam Film Pendek Jujur Itu Mahal (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)

Lestari, Faridatul Fauziah (2023) Pesan Akhlak dalam Film Pendek Jujur Itu Mahal (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510098_Cover.pdf

Download (50kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510098_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510098_BAB I.pdf

Download (991kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510098_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_KPI_181510098_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_KPI_181510098_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510098_BAB V.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510098_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pesan adalah sebuah gagasan atau perasaan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan melalui simbol, baik secara verbal ataupun non-verbal. Dalam menyampaikan sebuah pesan dengan semua tujuannya manusia memiliki banyak cara. Cara yang dipilih adalah cara yang terbaik menurut sang komunikator. Salah satu tujuan komunikasi yang menurut peneliti sangat penting adalah penyampaian pesan-pesan moral atau pesan-pesan akhlak kepada komunikan. Hal ini dibutuhkan karena dewasa ini telah banyak terjadi kasus-kasus yang merupakan fenomena kemerosotan akhlak. Dekadensi moral adalah permasalahan serius yang cukup menyita perhatian banyak kalangan. Dewasa ini film pendek menjadi salah satu minat dan tren yang digandrungi di youtube oleh banyak kalangan. Tidak ketinggalan, dunia pesantren juga ikut meramaikan dunia perfilman (film pendek). Youtube dengan nama channel Al-Bahjah TV telah hadir sejak 27 Mei 2015 lalu. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana pesan-pesan akhlak yang terdapat pada film pendek Jujur Itu Mahal. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui bagaimana pesan-pesan akhlak yang terkandung di dalam film pendek Jujur Itu Mahal? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori semiotika Ferdinand De Saussure. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pesan-pesan akhlak yang terdapat di dalam film pendek Jujur Itu Mahal terdiri dari pesan akhlak kepada Allah berupa tidak lupa berdoa, akhlak kepada Rasulullah berupa cinta Rasulullah, Ahlul bait dan Para sahabat, akhlak kepada ilmu berupa belajar dan murojaah, akhlak kepada masyarakat dan sesama berupa jujur, mengucapkan salam, saling tolong menolong, berterimakasih. Terdapat penanda akhlak tercela pada film pendek Jujur itu Mahal yaitu berupa bohong, merendahkan orang lain dan sombong.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pesan Akhlak, Jujur Itu Mahal, Semiotika Ferdinand De Saussure
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Feb 2023 08:24
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.