Peran PT. Emas Optimasi Abadi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Anak-Anak Yatim (Studi pada Program Wakaf di The Yatim Village Kota Bogor)

Ramadhan, Fazri (2023) Peran PT. Emas Optimasi Abadi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Anak-Anak Yatim (Studi pada Program Wakaf di The Yatim Village Kota Bogor). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530057_Cover.pdf

Download (104kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530057_Lampiran Depan.pdf

Download (560kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530057_BAB I.pdf

Download (470kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PMI_181530057_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (446kB)
[img] Teks
S_PMI_181530057_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (881kB)
[img] Teks
S_PMI_181530057_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (282kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530057_BAB V.pdf

Download (163kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PMI_181530057_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Anak yatim merupakan anak dari orang tua tunggal karena ayahnya meninggal dunia. Anak yatim sama seperti anak-anak lainnya berhak atas kehidupan dan pendidikan yang layak. Dalam Islam, tugas mengasuh dan mendidik anak yatim merupakan tanggung jawab sesama muslim. Banyaknya kondisi anak yatim yang membutuhkan bantuan atau campur tangan dari pihak lain juga menggambarkan minimnya kesejahteraan sosial bagi anak yatim. Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anak-anak yatim yang dilakukan oleh PT. Emas Optimasi Abadi, sebagai bentuk bakti sosial dan tanggung jawab sosial dalam hal membantu kesejahteraan anak-anak yatim melalui program wakaf EOA GOLD. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitiaan ini adalah: 1) Bagaimana Peran PT. Emas Optimasi Abadi dalam meningkatkan kesejahteraan anak-anak yatim di The Yaim Village Bogor? 2) Program apa yang dilakukan oleh PT. Emas Optimasi Abadi dalam meningkatkan kesejahteraan anak yatim di The Yatim Village Bogor? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat bagi pelaksanaan kegiatan program wakaf? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran PT. Emas Optimasi Abadi dalam meningkatkan kesejahteraan anak-anak yatim. 2) Untuk menjelaskan program wakaf yang dilakukan oleh PT. Emas Optimasi Abadi dalam pelaksanaan meningkatkan kesejahteraan anak-anak yatim. 3) Untuk menjelaskan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat bagi pelaksanaan kegiatan program wakaf PT. Emas Optimasi Abadi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Karena peneliti ingin menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di tempat penelitian. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, diketahui bahwa PT. Emas Optimasi Abadi sangat berkontribusi dengan kemajuan kehidupan di The Yatim Village, perusahaan sangat berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan pada anak-anak yang semula terlantar yaitu mempunyai kehidupan yang layak khususnya mengenai pendidikan baik itu pendidikan formal maupun nonformal. Perusahaan berperan dalam meringankan segala kebutuhan yang diperlukan oleh anak-anak dan mengatur dana yang diberikan dan untuk membantu meringankan segala kebutuhan di The Yatim Village.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran, Program wakaf, Kesejahteraan, Anak Yatim
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 20 Feb 2023 02:27
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 06:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11495

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.