Pujiawati, Elsa (2023) Studi Komparasi Konsep Pemikiran Tokoh Kontemporer Hasan al-Banna dan Muhammad Abduh tentang Pendidikan Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_152102078_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (109kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102078_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (776kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102078_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (398kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_152102078_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (289kB) |
||
Teks
S_PAI_152102078_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (256kB) |
||
Teks
S_PAI_152102078_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (315kB) |
||
|
Teks
S_PAI_152102078_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102078_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (221kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi perbedaan persamaan konsep pemikiran tentang pendidikan dari tokoh Hasan al-Banna dan Muhammad Abduh. Latar belakang penelitian ini adalah mengangkat kembali cerita perjuangan pahlawan pendidikan Islam dunia yang derap langkahnya dapat memotivasi kita sebagai individu muslim dan pendidik khususnya dalam ruang lingkup pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kepustakaan dengan menggali mencari sumber data informasi melalui buku-buku yang berhubungan dengan konsep pemikiran dan tokoh pendidikan Islam, dengan menggunakan pendekatan historis dan filosofis. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa walaupun memiliki beberapa perbedaan konsep pemikiran pendidikan namun kedua tokoh tetap memiliki persamaan dan benang merah dalam memperjuangkan hidup dan kurikulum pendidikan Islam dari segala halangan rintangan tantangan zaman dari negaranya dan Islam dunia. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan mempelajari dan menggali kisah heroik dua tokoh pendidikan Islam ini diharapkan mampu memotivasi kita sebagai individu muslim atau sebagai pendidik agar menjadi muslim yang memiliki dedikasi atau manfaat bagi sesama, keluarga, agama, dan negara.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Hasan al-Banna dan Muhammad Abduh, Konsep Pemikiran Tokoh Kontemporer, Pendidikan Islam, Studi Komparasi |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 17 Feb 2023 02:59 |
Perubahan Terakhir: | 17 Feb 2023 02:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11476 |
Actions (login required)
Lihat Item |