Rohimah, Siti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Dongeng Fabel Pada Siswa Kelas II Di SDN Rancabango IV. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240143_Cover.pdf Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240143_Lampiran Depan.pdf Download (809kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240143_BAB I.pdf Download (356kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240143_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (421kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240143_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (522kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240143_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240143_BAB V.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240143_Daftar Pustaka.pdf Download (341kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa kelas II SDN Rancabango IV. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian dan antusias peserta didik pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran serta minimnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana prosedur pengembangan media pembelajaran Big Book berbasis dongeng fabel pada siswa kelas II di SDN Rancabango IV?, 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Big Book berbasis dongeng fabel pada siswa kelas II di SDN Rancabango IV?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran Big Book berbasis dongeng fabel pada siswa kelas II di SDN Rancabango IV, 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Big Book berbasis dongeng fabel pada siswa kelas II di SDN Rancabango IV. Metode yang digunakan daam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) prosedur pengembangan media pembelajaran Big Book berbasis dongeng fabel menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). 2) kelayakan media pembelajaran Big Book berbasis dongeng fabel dari ahli media memperoleh nilai akhir sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Ahli materi memperoleh nilai akhir mencapai 92% dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Ahli bahasa memperoleh nilai akhir sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Kuesioner respon pendidik oleh wali kelas II memperoleh nilai akhir sebesar 82% dan termasuk dalam kategori “Layak”. Kuesioner respon peserta didik secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata kelayakan sebesar 92,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian media pembelajaran Big Book berbasis dongeng fabel bisa dikatakan sangat layak untuk digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Big Book, Dongeng Fabel |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 17 Feb 2023 02:30 |
Perubahan Terakhir: | 17 Feb 2023 02:31 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11474 |
Actions (login required)
Lihat Item |