Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih Dengan Google Sites Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X (Studi R&D Di Man 1 Kota Serang)

Iman, Achmad Badrul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih Dengan Google Sites Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X (Studi R&D Di Man 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210123_Lampiran Depan.pdf

Download (622kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210123_Cover.pdf

Download (177kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210123_BAB I.pdf

Download (638kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210123_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_171210123_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (400kB)
[img] Teks
S_PAI_171210123_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210123_BAB V.pdf

Download (265kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210123_Daftar Pustaka.pdf

Download (396kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pelaksanaan proses pembelajaran fiqih materi haji di MAN 1 Kota Serang, masih menggunakan model dan metode konvensional, kurangnya kreasi dan inovasi guru terhadap penggunaan media pembelajaran, berdampak terhadap rendahnya motivasi belajar siswa. Mengoptimalkan Smartphone sebagai media pembelajaran, merupakan cara untuk menjadikan guru lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan mengembangkan media pembelajaran dengan Google Sites pada materi haji. guru mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: mengetahui proses pembelajaran fiqih pada materi haji dengan menggunakan Google sites. Kemudian mengetahui motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Google sites serta mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran fiqih dengan google sites dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MAN 1 Kota Serang. Dan manfaat dari penelitian ini Mengetahui dasar-dasar pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi internet untuk mempermudah didalam proses belajar mengajar serta dengan adanya media pembelajaran menggunakan Google Sites, dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran yang tidak ketergantungan terhadap LKS, buuku paket sekolah, serta menjadikan media pembelajaran yang praktis dan inovatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) dengan melibatkan 39 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemudian dilakukan analisis dengan mengubah rata-rata skor ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini adalah: Google Sites, motivasi belajar siswa dikategorikan “tinggi”, hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu media pembelajaran dengan Google Sites yang telah di uji kelayakannya oleh ahli media skor 72% kategori “layak”. Oleh ahli materi didapatkan skor 93% kategori “sangat layak”. Serta dilakukan uji coba kepada peserta didik dan memperoleh skor 82.93% kategori “sangat layak”. Sehingga secara keseluruhan media pembelajaran dengan Google Sites yang dikembangkan sangat layak digunakan. Selain itu, penggunaan media pembelajaran dengan Google Sites dapat memotivasi belajar siswa skor sebesar “73.01%” dan di kategorikan tinggi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media pembelajaran, Google Sites, Fiqih, Haji, Motivasi Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Feb 2023 07:39
Perubahan Terakhir: 15 Feb 2023 07:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11449

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.