Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangkan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan, (Studi di SMP Negeri 3 Ciruas dan SMP Negeri 3 Pontang)

Ropi’ah, Ropi’ah (2023) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangkan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan, (Studi di SMP Negeri 3 Ciruas dan SMP Negeri 3 Pontang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630004_COVER.pdf

Download (165kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630004_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (691kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630004_BAB I.pdf

Download (331kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_192630004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (622kB)
[img] Teks
T_MPI_192630004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (323kB)
[img] Teks
T_MPI_192630004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (810kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630004_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Peningkatan kualitas lembaga pendidikan tidak terlepas dari pengembangan kualitas Guru dan Tenaga kependidikan. Dalam menghadapi tantangan berbagai kemajuan, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat dan efektif dalam mengembangkan profesionalisme guru dan staf kependidikan yang mampu mencetak siswa dan generasi bangsa yang berkualitas. Jika hal itu tidak dapat dimiliki oleh kepala sekolah maka bukan mustahil dunia pendidikan di Indonesia terutama dalam pendidikan Islam akan mengalami kemunduran dari berbagai aspek dan komponennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan Profesionalisme guru dan Tenaga kependidikan yang diterapkan di SMP Negeri 3 Ciruas dan SMP Negeri 3 Pontang, dengan sub fokus yang mencakup: (1) Profesionalisme Guru dan Tenaga kependidikan, (2) Upaya yang dilakukan kepala sekolah terkait tugas dan fungsinya, (3) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme Guru dan Tenaga kependidikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui: wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya dengan tiga jalur yaitu, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1). Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan adalah komitmen Guru dan Tenaga kependidikan untuk melaksanakan Tugas sesuai kemampuan dan selalu meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya untuk mewujudkan Visi Misi sekolah dan Tujuan Pendidikan Nasional. 2) Upaya yang dilakukan kepala sekolah SMP Negeri 3 Ciruas dan SMP Negeri 3 Pontang dalam mengembangkan Profesionalisme guru dan tenaga kependidikan adalah optimalisasi pada tugas dan fungsinya sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator. 3) Strategi kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri 3 Ciruas dan SMP Negeri 3 Pontang dalam mengembangkan profesionalisme adalah Strategi berupa sikap kepemimpinan berorientasi Manusia melalui sikap Demokratis dan Kharismatik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Tenaga Kependidikan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Feb 2023 02:27
Perubahan Terakhir: 15 Feb 2023 02:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.