Optimalisasi Strategi Pengelolaan Aset ZISWAF Dalam Skema Ekonomi Produktif Melalui Program Dompet Dhuafa Farm Sebagai Sarana Pemberdayaan Mustahik (Studi di Dompet Dhuafa Banten)

Salsabila, Rofifah (2023) Optimalisasi Strategi Pengelolaan Aset ZISWAF Dalam Skema Ekonomi Produktif Melalui Program Dompet Dhuafa Farm Sebagai Sarana Pemberdayaan Mustahik (Studi di Dompet Dhuafa Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410144_Cover.pdf

Download (20kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410144_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410144_BAB I.pdf

Download (388kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_181410144_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (510kB)
[img] Teks
S_ES_181410144_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (239kB)
[img] Teks
S_ES_181410144_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (575kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410144_BAB V.pdf

Download (13kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410144_Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Lembaga Amil Zakat (LAZ) memiliki peran untuk menjembatani dalam pengelolaan dan pendistribusian aset zakat, infak, sedekah serta wakaf (ZISWAF) secara profesional melalui program-program pemberdayaan yang bersifat ekonomi produktif. Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan melalui kegiatan filantropis (kasih sayang) dan wirausaha sosial profetik (prophetic socio-technopreneurship). Berbagai program pengelolaan aset ZISWAF dilakukan oleh LAZ Dompet Dhuafa dengan skema ekonomi produktif, salah satunya melalui Program Dompet Dhuafa Farm Banten sebagai sarana pemberdayaan para mustahik di bidang peternakan. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengelolaan aset ZISWAF melalui program Dompet Dhuafa Farm Banten? 2) Bagaimana strategi yang dilakukan Dompet Dhuafa dalam mengoptimalkan pengelolaan aset ZISWAF melalui program Dompet Dhuafa Farm Banten? 3) Bagaimana dampak pengelolaan aset ZISWAF melalui program Dompet Dhuafa Farm Banten sebagai sarana pemberdayaan mustahik? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis terkait pengelolaan aset ZISWAF melalui program Dompet Dhuafa Farm Banten, 2) Untuk menganalisis strategi yang dilakukan Dompet Dhuafa dalam mengoptimalkan pengelolaan aset ZISWAF melaui program Dompet Dhuafa Farm Banten, 3) Untuk menganalisis dampak pengelolaan aset ZISWAF melalui program Dompet Dhuafa Farm Banten sebagai pemberdayaan mustahik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LAZ Dompet Dhuafa Banten menerapkan fungsi manajerial yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling) dalam pengelolaan aset ZISWAF melalui program Dompet Dhuafa Farm. Adapun strategi yang dilakukan untuk mengoptimalkan pengelolaan aset ZISWAF yaitu meningkatkan peluang yang menjadi potensi unit bisnis di wilayah tersebut, investasi dan pengembangan usaha pada program pemberdayaan. Dampak yang diperoleh para mustahik dari program Dompet Dhuafa Farm antara lain adalah meningkatnya pendapatan, tingkat konsumsi yang meningkat dan menciptakan pola pikir yang produktif serta meningkatkan keterampilan (skill) di bidang peternakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengelolaan, ZISWAF, dan Pemberdayaan Mustahik
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2023 04:07
Perubahan Terakhir: 13 Feb 2023 04:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11417

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.