Pengaruh Media Sosial, Persepsi Risiko, dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Berinvestasi Saham (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2020 dan 2020-2021 UIN SMH Banten)

Maghfiroh, Fauzul (2023) Pengaruh Media Sosial, Persepsi Risiko, dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Berinvestasi Saham (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2020 dan 2020-2021 UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410238_COVER.pdf

Download (129kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410238_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (598kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410238_BAB 1.pdf

Download (486kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_181410238_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (373kB)
[img] Teks
S_ES_181410238_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (467kB)
[img] Teks
S_ES_181410238_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (715kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410238_BAB V.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410238_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Investasi merupakan sektor yang sangat menguntungkan secara finansial dalam membantu perekonomian. Namun kesiapan bersaing masyarakat Indonesia dalam berinvestasi masih kurang, disebabkan masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya berinvestasi. Oleh karena itu, perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempertimbangkan dalam memengaruhi minat berinvestasi saham secara lebih mendalam sehingga hasilnya dapat memperkuat posisi Indonesia dalam bersaing investasi saham. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Media Sosial, Persepsi Risiko, dan Literasi Keuangan berpengaruh baik secara parsial maupunsimultan terhadap minat berinvestasi saham. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Sosial, Persepsi Risiko, dan Literasi Keuangan baik secara parsial amupun simultan terhadap minat berinvestasi saham. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau metode kuantitatif, data yang diperoleh dari penelitian diolah menggunakan software SPSS 23. Kemudian dilakukan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis,dan Uji Koefisien Korelasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah menyatakan bahwa Media Sosial, Persepsi Risiko, dan Literasi Keuangan secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham, hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 18,799 > 2,72. Sementara secara parsial diperoleh hasil bahwa Literasi Keuangan mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham, hal ini dapat dilihat dari nilai thitung ttabel, yaitu 3,484 > 1,992. Namun secara parisal variabel Media Sosial dan Persepsi Risiko tidak berpengaruh dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham, dengan variabel media sosial sebesar 1,571 < 1,992, dan variabel persepsi risiko sebesar 1,134 < 1,992.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Sosial, Persepsi Risiko, Literasi Keuangan, Minat Investasi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2023 03:41
Perubahan Terakhir: 13 Feb 2023 03:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11416

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.