Upaya Guru Fiqih dalam Pembelajaran umtuk Meningkatkan Motivasi Shalat Dhuha Siswa Kelas IV di SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Tangerang.

Khoirunnisa, Hilda (2023) Upaya Guru Fiqih dalam Pembelajaran umtuk Meningkatkan Motivasi Shalat Dhuha Siswa Kelas IV di SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210008_Cover.pdf

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210008_Lampiran Depan.pdf

Download (649kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210008_BAB I.pdf

Download (189kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210008_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (569kB)
[img] Teks
S_PAI_181210008_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (382kB)
[img] Teks
S_PAI_181210008_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210008_BAB V.pdf

Download (14kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210008_Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran siswa tentang materi dan tata cara melaksanakan shalat dhuha, untuk mengetahui motivasi siswa dalam melaksanakan shalat dhuha, untuk mengetahui upaya guru fiqih dalam meningkatkan pembelajaran siswa tentang shalat dhuha di SDIT Al- Istiqomah Kabupaten Tangerang, untuk mengetahui upaya guru fiqih dalam memotivasi siswa melaksanakan shalat dhuha di SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Tangerang. Manfaat dari penelitian ini adalah menginginkan guna bisa memberikan sumbangan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan, serta pengembangan dalam pembelajaran agama, dan juga bisa memperoleh ke penerima informasi, murid, dan penulis tentang motivasi belajar fiqih bagi peserta didik di SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, maka peneliti akan langsung ke lapangan (field research) untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya hal yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner sebagai data tambahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Mereka telah memahami shalat dhuha baik secara teori maupun pelaksanaan tata cara dari shalat dhuha, sehingga mereka ketika di sekolah mereka melaksanakan secara berjamaah dan ketika mereka di rumah mereka melaksanakan secara sendiri-sendiri. (2) Dalam penelitian ini para siswa sudah termotivasi untuk melaksanakan shalat dhuha dalam diri mereka sendiri. (3) Upaya Guru Fiqih dalam Pembelajaran Siswa di SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Tangerang: Untuk bisa terlaksana dengan baik, pelaksanan shalat dhuha di SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Tangerang tentu peran guru sangat penting dalam memberikan pembelajaran dan memberi motivasi kepada para siswa, sehingga mereka akan timbul kesadaran mereka sendiri untuk melaksanakan shalat dhuha. (4) Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Melaksanakan Shalat Dhuha di SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Tangerang: Dari hasil analisis penulis terhadap upaya peningkatan/motivasi terhadap siswa SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Tangerang dalam usaha pelaksanaan shalat dhuha ada beberapa usaha dari guru diantaranya: Memberikan reward, penilaian, dan pujian sehingga mereka akan termotivasi untuk melaksanakan shalat dhuha. Simpulan dari penelitian ini adalah mereka telah memahami shalat dhuha, mereka memahami manfaat atau faedah dari shalat dhuha, peran guru sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada siswa, memberikan reward penilaian mereka akan termotivasi untuk melaksanakan shalat dhuha.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Upaya Guru, dalam Pembelajaran dan Meningkatkan Motivasi, Shalat Dhuha
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2023 07:59
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2023 07:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11407

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.