Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Efek Negatif Media Sosial di Kalangan Siswa SMP (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Petir)

Zailani, Ahmad Rizal (2023) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Efek Negatif Media Sosial di Kalangan Siswa SMP (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Petir). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210185_Cover.pdf

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210185_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210185_BAB I.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210185_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (783kB)
[img] Teks
S_PAI_181210185_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (362kB)
[img] Teks
S_PAI_181210185_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (340kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210185_BAB V.pdf

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210185_Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Seiring berkembang pesatnya teknologi dan informasi saat ini, terdapatbanyak hal positif yang diperoleh para penggunanya terutama Siswa. Namun, teknologi dan informasi dalam hal ini media sosial memberi efek negatif kepadaSiswa khususnya dalam berperilaku. Siswa cederung meniru setiapperilaku menyimpang yang diakses melalui media sosial Facebook, Telegram, TikTok, Instagram, Whats App, dan Youtube. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal sedemikian rupa, guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang sangat penting untuk membimbingdan mendidik Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui penggunaan Media Sosial oleh Siswa di SMP Negeri 1 Petir dan Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Efek Negatif Media Sosial di Kalangan Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mengkajisecara nyata tentang fenomena-fenomena media sosial yang memberi efek negatif di kalangan Siswa khususnya di SMP Negeri 1 Petir. Dalam hal ini, pengumpulan data penelitian diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi dengan teknis analisis data yaitu, reduksi data, display, interpretasi data, penarikan kesimpulan/verifikasi, dan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa di SMP Negeri 1 Petir aktif dalam menggunakan media sosial sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini dan adapun efek negatif yang telah mempengaruhi tingkah laku Siswa yaitu tontonan konten negatif, peniruan hal-hal negatif seperti gaya rambut dan gaya berpakaian, kurangnya konsentrasi belajar, serta bertindak tidak sopan dengan mengeluarkan kata-kata yang kasar. 2) Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi efek negatif media sosial di SMP Negeri 1 Petir ada tiga, yaitu pertama dengan tindakan pencegahan melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat kepada Siswa di sekolah seperti kultum, shalawat, salat Duha berjamaah, salat Zuhur berjamaah, dan pembacaaan surah-surah pendek. Kedua, tindakan pemberian bimbingan, yaitu bimbingan dengan memberikan nasehat, arahan, dan teguran kepada Siswa. Ketiga pemberian sanksi, pemberian sanksi berupa pemberian tugas dan pemanggilan orang tua.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peranan Guru PAI, efek negatif, media sosial
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2023 04:40
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2023 04:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11404

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.