Suryaman, Maman (2023) Strategi Komunikasi DKM Al-Ikhlas dalam Meningkatkan Semangat Jamaah untuk Bersedekah (Studi Kasus Strategi Komunikasi DKM Al-Ikhlas Ciceri Permai III RW. 19 Kelurahan Cipare Kecamatan Serang Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_143300507_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_143300507_LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (567kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_143300507_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (285kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_143300507_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (497kB) |
||
Teks
S_KPI_143300507_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (327kB) |
||
Teks
S_KPI_143300507_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (257kB) |
||
|
Teks
S_KPI_143300507_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_143300507_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (152kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Dalam elemen masyarakat pasti terdiri dari berbagai macam karakter dan pemikiran, dan untuk menyatukan pemikiran tersebut diperlukan pola komunikasi yang efektif untuk membangun hubungan sosial yang harmonis. Seperti halnya masyarakat perumahan Ciceri Permai III RW 19, dimana dalam masyarakat tersebut memiliki lembaga keagamaan yang disebut DKM (Dewan Kesejahteraan Masjid) yang memiliki program mensejahterakan masjid dengan meningkatkan semangat para jamaah untuk bersedekah, dengan strategi komunikasi yang terjalin dengan baik dan dikemas dalam bentuk program yang strategis disetiap bidangnya untuk mensejahterakan masjid. Dari latarbelakang diatas maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana strategi komunikasi DKM Al-Ikhlas dalam meningkatkan semangat jamaah untuk bersedekah? 2). Media apa yang digunakan DKM Al-Ikhlas dalam meningkatkan semangat para jamaah masjid Al-Ikhlas untuk bersedekah? 3). Bagaimanakah bentuk hambatan-hambatan dan faktor pendukung DKM Al-Ikhlas dalam mengajak para jamaah masjid Al-Ikhlas untuk bersedekah?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah Untuk mengetahui strategi komunikasi yang efektif dalam meningkatkan semangat sedekah. Untuk mengetahui media komunikasi DKM Al-Ikhlas agar para jamaah masjid Al-Ikhlas semangat dalam bersedekah.Untuk mengetahui apa saja hambatan dan faktor pendukung strategi komunikasi yang dilakukan DKM Al-Ikhlas. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, sehingga peneliti akan menjabarkan dan mendeskripsikan data hasil dari penelitian secara riil yang sesuai dengan situasi, kondisi dan kronologi yang terjadi di lapangan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah strategi komunikasi DKM Al-Ikhlas dalam meningkatkan semangat jamaah untuk bersedekah di masjid Al-Ikhlas adalah dengan mengangkat nilai-nilai keagamaan, kemudian dengan memaksimalkan kegiatan-kegiatan yang dijalankan di masjid, terutama dalam bidang dakwah, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan pembangunan masjid dan peringatan hari besar Islam yang terlaksana atas dasar Kerjasama antara pengurus DKM dan jamaah masjid Al-Ikhlas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.25 Pemberian > 2x4.251 Sadaqah |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 09 Feb 2023 08:13 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 03:07 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11390 |
Actions (login required)
Lihat Item |