Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Studi Kasus di SMP Al-Qur’an Al-Hasanat Eltahfidh Karawang)

Afifah, Rifda Zahro (2023) Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Studi Kasus di SMP Al-Qur’an Al-Hasanat Eltahfidh Karawang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210127_COVER.pdf

Download (78kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210127_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210127_BAB I.pdf

Download (353kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210127_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_PAI_181210127_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (308kB)
[img] Teks
S_PAI_181210127_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (359kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210127_BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210127_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi kenakalan remaja di jenjang pendidikan menengah baik dari sekolah umum maupun sekolah yang berbasis agama saat ini menjadi permasalahan yang serius bagi seluruh pihak, maka dalam hal ini sekolah dituntut untuk melakukan segala upaya secara sungguh-sungguh dalam menanamkan karakter para siswanya. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah 1) Bagaimana kegiatan program Tahfidzul Qur’an yang diterapkan di SMP Al-Qur’an Al-Hasanat Eltahfidh Karawang?, 2) Bagaimanakah karakter siswa di SMP Al-Qur’an Al-Hasanat Eltahfidh Karawang?, dan 3) Bagaimana pembentukan karakter siswa di SMP Al-Qur’an Al-Hasanat Eltahfidh Karawang melalui kegiatan pembelajaran Tahfidzul Qur’an? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini diambil dari para siswa di SMP Al-Qur’an Al-Hasanat Eltahfidh Karawang. Pada analis data penelitian ini menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pada kegiatan pembelajaran tahfidzul qur’an di SMP Al-Qur’an Al-Hasanat Eltahfidh Karawang terdapat dua program unggulan, yakni program tahfidz takhossus dan program tahfidz reguler. Walaupun terdapat dua program yang berbeda, metode pengajaran yang digunakan tetap sama yakni menggunakan metode talaqqi dan muraja’ah. Perbedaan dari program ini hanya pada capaian hafalannya saja, 2) Karakter yang tercermin dari siswa di SMP Al-Qur’an Al-Hasanat Eltahfidh Karawang difokuskan pada nilai-nilai pendidikan karakter religius, disiplin, dan tanggung jawab. Walaupun masih ditemukan adanya beberapa siswa yang melanggar aturan sekolah, tetapi untuk cakupan nilai-nilai karakter tersebut sudah dimunculkan oleh para siswa, 3) Pembentukan karakter siswa di SMP Al-Qur’an Al-Hasanat Eltahfidh Karawang melalui program pembelajaran Tahfidzul Qur’an sudah cukup baik. Oleh karena itu, karakter siswa bisa terbentuk sesuai dengan nilai-nilai karakter religius, disiplin, dan tanggung jawab karena sudah tertanam dalam dirinya kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan saat terlaksananya program tahfidzul qur’an.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Karakter Siswa, Tahfidzul Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Feb 2023 07:12
Perubahan Terakhir: 09 Feb 2023 07:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11383

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.