Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali Dalam Membentuk Karakter (Studi di Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Kota Serang)

Hidayanti, Almaida (2023) Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali Dalam Membentuk Karakter (Studi di Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210052_Cover.pdf

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210052_Lampiran Depan.pdf

Download (765kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210052_BAB I.pdf

Download (242kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210052_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (378kB)
[img] Teks
S_PAI_171210052_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (115kB)
[img] Teks
S_PAI_171210052_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (240kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210052_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210052_Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter, untuk mengetahui upaya dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter, dan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter di Pondok Pesantren At-Thahiriyah. Manfaat teoretis dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan upaya pendidik dalam menggunakan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter dan mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan studi lapangan di Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi konsep pendidikan akhlak perspektif imam al-Ghazali sebagian besar sudah mengarah kepada pembentukan karakter santri. Upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif imam al-Ghazali dalam membentuk karakter santri, yaitu: memberikan keteladanan, menerapkan pembiasaan, selalu mengingatkan dengan pemberian nasihat, menyampaikan kisah-kisah atau cerita ketika pengajian atau ketika ada kelas, memberikan ganjaran dan hukuman pada santri ketika salah, dan juga kegiatan santri maupun ibadah yang terjadwal sebagai bentuk upaya yang dilakukan pondok pesantren. Kelebihannya yaitu akhlak santri menjadi lebih terarah, keadaan pondok pesantren menjadi teratur, bertambahnya rasa kepercayaan dari ustadz atau ustadzah, dapat lebih membedakan yang hak dan batil. Dan kekurangannya yaitu sifat keduniawian, dan karakter santri yang bervariasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Akhlak, Implementasi, Membentuk Karakter, Pendidikan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Feb 2023 02:02
Perubahan Terakhir: 09 Feb 2023 02:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11361

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.