Hidayanti, Almaida (2023) Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali Dalam Membentuk Karakter (Studi di Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210052_Cover.pdf Download (10kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210052_Lampiran Depan.pdf Download (765kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210052_BAB I.pdf Download (242kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210052_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (378kB) |
||
Teks
S_PAI_171210052_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (115kB) |
||
Teks
S_PAI_171210052_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (240kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210052_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210052_Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter, untuk mengetahui upaya dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter, dan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter di Pondok Pesantren At-Thahiriyah. Manfaat teoretis dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan upaya pendidik dalam menggunakan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter dan mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif Imam al-Ghazali dalam membentuk karakter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan studi lapangan di Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi konsep pendidikan akhlak perspektif imam al-Ghazali sebagian besar sudah mengarah kepada pembentukan karakter santri. Upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak perspektif imam al-Ghazali dalam membentuk karakter santri, yaitu: memberikan keteladanan, menerapkan pembiasaan, selalu mengingatkan dengan pemberian nasihat, menyampaikan kisah-kisah atau cerita ketika pengajian atau ketika ada kelas, memberikan ganjaran dan hukuman pada santri ketika salah, dan juga kegiatan santri maupun ibadah yang terjadwal sebagai bentuk upaya yang dilakukan pondok pesantren. Kelebihannya yaitu akhlak santri menjadi lebih terarah, keadaan pondok pesantren menjadi teratur, bertambahnya rasa kepercayaan dari ustadz atau ustadzah, dapat lebih membedakan yang hak dan batil. Dan kekurangannya yaitu sifat keduniawian, dan karakter santri yang bervariasi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Akhlak, Implementasi, Membentuk Karakter, Pendidikan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Feb 2023 02:02 |
Perubahan Terakhir: | 09 Feb 2023 02:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11361 |
Actions (login required)
Lihat Item |