Maulana, Muhamad Ikhsan (2023) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 11 Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210119_Cover.pdf Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210119_Lampiran Depan.pdf Download (770kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210119_BAB I.pdf Download (255kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210119_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (650kB) |
||
Teks
S_PAI_181210119_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (190kB) |
||
Teks
S_PAI_181210119_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (223kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210119_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210119_Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Guru profesional adalah guru yang memiliki sejumlah keahlian, diantaranya adalah kompetensi intelektual, sosial, spiritual, kepribadian dan moral. Untuk melaksanakan profesinya, tenaga pendidik khususnya guru Pendidikan agama Islam sangat memerlukan pengetahuan serta keterampilan keguruan yang memadai dalam arti sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana profesionalisme guru PAI di SMAN 11 Kabupaten Tangerang dan Bagaimana relevansi profesionalisme guru PAI dengan motivasi belajar siswa di SMAN 11 Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan memahami profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 11 Kabupaten Tangerang dan relevansi profesionalisme guru Pendidikan.Agama Islam dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif karena yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan atau verifikasi data. Setelah melakukan analisis terhadap data yang diperoleh di lapangan, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang memiliki relevansi dengan profesionalisme. Hal ini ditunjukkan dengan sertifikat dan kualifikasi S1 jurusan pendidikan agama Islam; mengembangkan keprofesian dengan mengikuti pelatihan, workshop, seminar, kajian agama, membuat perencanaan dengan membuat silabus dan RPP, menguasai standar kompetensi (SK), terampil dalam mempersiapkan program mengajar, penguasaan bahan pelajaran, pengelolaan kelas, terampil dalam menggunakan metode mengajar, penggunaan media belajar, dan mengevaluasi hasil belajar. Selain itu guru juga dapat menguasai perkembangan teknologi yang semakin pesat, hal ini sangat berpengaruh pada motivasi belajar siswa karena dengan adanya keterampilan yang dimiliki guru tersebut dapat memudahkan siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan serta membuat siswa menjadi lebih rajin akan belajar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Dr. Rijal Firdaos, M.Pd. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Feb 2023 01:27 |
Perubahan Terakhir: | 09 Feb 2023 01:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11355 |
Actions (login required)
Lihat Item |