خصائص أسلوب اللغة الأخروية في القرآن الكريم (دراسة أسلويية)

Nurhasanah, Fuziah (2023) خصائص أسلوب اللغة الأخروية في القرآن الكريم (دراسة أسلويية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360119_COVER.pdf

Download (324kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360119_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (708kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360119_BAB I.pdf

Download (550kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BSA_181360119_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (550kB)
[img] Teks
S_BSA_181360119_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (531kB)
[img] Teks
S_BSA_181360119_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (763kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360119_BAB V.pdf

Download (294kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BSA_181360119_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Keistimewaan al-Qur’an dari segi bahasa yaitu kemukjizatan utama yang ditunjukan pada jazirah Arab tepat pada abad 15 tahun. Al-quran sendiri sering menggunakan kalimat yang berbeda untuk suatu pesan atau sering menggunakan stuktur kalimat yang sama namun dengan kasus berbeda dan terkadang terlihat ada deviasi dari aspek tata bahasa yang baku. Adanya pemilihan kata itulah kemudian melahirkan sebuah kajian ilmu yang disebut stilistika (ilm al-ushlub). Stilistika ini dikenal sebagai kajian linguistik yang obyeknya berupa style. Sedangkan style yaitu cara penggunaan bahasa dari seseorang dalam konteks dan tujuan tertentu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) bagaimana gaya bahasa eskatologi pada kata ba’th dan nasyr? 2) bagaimana eskatologi dalam pandangan masyarakat pagan arab tentang kebangkitan? 3) apa tujuan penggunaan gaya bahasa pada ayat eskatologi?. Juga tujuan penelitiannya adalah: 1) mengungkap gaya bahasa pada kata ba’th dan nasyr, 2) mengungkap eskatologi dalam pandangan masyarakat pagan arab, 3) mengungkap tujuan penggunaan gaya bahasa. Penelitian ini termasuk dalam kategori library research (kajian pustaka). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau penulisan pustaka yang sumber datanya berasal dari data-data tertulis dengan metode deskriptif analisis, yang merupakan penelitian suatu masalah yang analisisnya ditulis secara deskriptif sesuai hasil analisis. Sejauh ini peneliti menemukan gaya bahasa retoris dan diantaranya: aliterasi, asonansi, anastrof, apostrof, polisindeton dan litotes. Kemudian terdapat juga gaya bahasa kiasan diantaranya: simile dan metafora. Juga konsep eskatologi dalam pandangan masyarakat pagan arab, mereka tidak meyakini kekuasaan Allah, persoalan eskatologi lainnya tidak pernah terpikirkan dalam benak mereka, dan mereka beranggapan bahwa tidak ada sesuatu apapun diluar kubur. Kemudian, tujuan penggunaan gaya bahasa yang ditemukan salah satunya bertujuan untuk menciptakan kesegaran dan kejenuhan bagi pembaca, memperkuat makna ungkapan serta memperjelas fungsi gaya bahasa itu sendiri dan mempermudah penafsiran. Ayat-ayat eskatologi dalam pembahasan ini hanya fokus pada ayat yang berhubungan dengan kebangkitan manusia setelah kematian. Dalam ayat tersebut terdapat kata ba’th dan nasyr. Sementara kata ba’th sendiri ditemukan sebanyak 64 ayat dalam 33 surat, akan tetapi tidak selalu bermakna kebangkitan, melainkan hanya ditemukan sebanyak 21 ayat dalam 16 surat. Demikian kata nasyr ditemukan sebanyak 13 ayat dalam 12 surat. Penelitian ini menggunakan analisis stilistika yang dikembangkan oleh Fathullah Ahmad Sulaiman dengan harapan mengungkap penggunaan gaya bahasa dalam ranah stilistika dalam ayat eskatologi pada al-Qur’an dan menemukan eskatologi dalam pandangan masyarakat pagan arab.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Stilistika, al-Qur’an, Fathullah Ahmad Sulaiman
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Feb 2023 03:09
Perubahan Terakhir: 08 Feb 2023 03:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11334

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.