Peran Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Darunnajah 17 Ciomas Serang Banten

Khair, Miftahul (2023) Peran Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Darunnajah 17 Ciomas Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210109_Cover.pdf

Download (141kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210109_Lampiran Depan.pdf

Download (412kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210109_BAB I.pdf

Download (291kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210109_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (618kB)
[img] Teks
S_PAI_181210109_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (112kB)
[img] Teks
S_PAI_181210109_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (524kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210109_BAB V.pdf

Download (199kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210109_Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Menghafalkan al-Qur’an adalah sebuah kemuliaan yang semua orang berkesempatan meraih kemuliaan tersebut. Dalam proses santri pondok pesantren Darunnajah 17 meraih kemuliaan tersebut dibutuhkan orang yang sudah ahli dalam bidang al-Qur’an maka peran guru tahfizh dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Darunnajah 17 sangat penting. Melihat banyaknya pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia dewasa ini menggalakkan program tahfizhul Qur’an sebagai ikhtiar untuk menjalin interaksi yang harmonis ummat muslim dengan al-Qur’an sebagai pedoman kehidupan yang benar demi masa depan yang baik sehingga peran guru tahfizh sangat relevan berada di garda terdepan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengenali Kompetensi profesional peran guru tahfizh dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an santri Darunnajah 17 (2) Mengetahui Kemampuan menghafal Santri Darunnajah 17 Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif degan pendekatan field research (penelitian lapangan) yang menitik beratkan pada hasil pengumpulan data dari informan yang ditentukan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dengan adanya peran guru tahfizh membawa dampak dan pengaruh yang baik kepada kualitas kemampuan menghafal al-Qur’an tentunya dengan metode-metode yang ditawarkan guru tahfizh kepada para santri pondok pesantren Darunnajah 17 sesuai dengan kemampuan dan gaya mereka mengafalkan al-Qur’an; (2) kemampuan santri pondok pesantren Darunnajah 17 dalam menghafal al-Qur’an sangat bervariasi, ada yang mampu menghafal al-Qur’an dengan baik di waktu tertentu seperti di shubuh hari, ada yang mampu menghafal al-Qur’an dengan metode pengulangan berkali-kali, adapula yang mampu menghafal dengan baik karena keadaan cuaca tertentu dan posisi bangunan pun ikut mempengaruhi kemampuan santri dalam menghafal al-Qur’an.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Guru, kemampuan menghafal, al-Qur’an, santri
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 08:49
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 08:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11269

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.