Andriansyah, Andriansyah (2023) Penerapan Metode Ummi Untuk Melancarkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Usia 7-12 Tahun ( Studi Kasus Di Majelis Taklim Al-Qur’an Al-Waduud Kadipaten Kelurahan Kedaleman Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210017_Cover.pdf Download (95kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210017_Lampiran Depan.pdf Download (904kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210017_BAB I.pdf Download (223kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210017_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (437kB) |
||
Teks
S_PAI_181210017_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (196kB) |
||
Teks
S_PAI_181210017_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (263kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210017_BAB V.pdf Download (166kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210017_Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui Penerapan metode ummi Di Majelis Taklim Al-Qur’an Al-Waduud Kadipaten Kelurahan Kedaleman Kota Cilegon. 2) Untuk Mengetahui faktor Pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Dari data yang diperoleh peneliti yaitu dengan menggunakan studi kasus melalui teknik penggumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, sehingga peneliti memperoleh data tentang Penerapan Metode Ummi Untuk melancarkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada usia 7-12 tahun di Majelis Taklim Al-Qur’an Al-Waduud Kadipaten Kota Cilegon. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Metode Ummi di Majelis Taklim Al-Qur’an Al-Waduud menggunakan metode Ummi melalui 7 tahapan pembelajaran. Faktor pendukung yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an pada usia 7-12 tahun yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang ada di dalam individu santri sendiri yaitu dengan bersungguh sungguh untuk mempelajari Al-Qur’an. Selain itu ada faktor eksternal merupakan faktor yang ada di luar individu santri sendiri, yaitu ada 3 faktor eksternal. Faktor eksternal keluarga, faktor eksternal masyarakat dan faktor eksternal lingkungan pendidikan, Faktor Penghambatnya yaitu kurangnya pengajar Metode Ummi, kurangnya waktu, dan kurangnya buku Jilid Ummi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Usia 7-12 Tahun. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 08:32 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 08:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11265 |
Actions (login required)
Lihat Item |