Aeni, Ratu Kholifatul (2023) Pengembangan Lks Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sumber Energi di Kelas IV SDN Citiis. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240081_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240081_LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (281kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240081_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (269kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240081_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (327kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240081_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (574kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240081_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (539kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240081_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (106kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240081_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (217kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengembangkan LKS berbasis problem based learning, 2). Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan LKS berbasis problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahapan diantaranya: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan uji coba (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Citiis yag berjumlah sebanyak 15 orang siswa. Instrumen berupa angket diberikan kepada 3 (tiga) validator untuk mengukur pengembangan bahan ajar LKS berbasis problem based learning dan tes essay yang akan diberikan kepada 15 siswa untuk mengukur kualitas kelayakan bahan ajar LKS berbasis problem based learning dalam pembelajaran IPA materi sumber energi. Proses pengembangan LKS berbasis problem based learning merupakan faktor untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Hasil dari pengembangan media LKS berbasis problem based learning dalam pembelajaran IPA materi sumber energi telah diuji oleh ahli media, ahli materi dan guru kelas IV. Berdasarkan uji validitas oleh tiga validator dinyatakan layak digunakan dengan nilai rata-rata presentase sebesar 87% dengan kategori "sangat baik". LKS berbasis problem based learning menunjukan hasil analisis pengukuran berpikir kritis siswa siswa dengan pre-test dan post-test. Hasil post-test menunjukkan hasil rata-rata dengan nilai 71,3 dengan presentase sebesar 66,6% atau sebanyak 10 siswa dari 15 siswa telah mencapai nilai KKM dengan kategori "cukup". Analisis yang digunakan dengan uji N-Gain dengan rata-rata nilai akhir mencapai 0,50 dan hasil penelitian terdapat peningkatan dari berpikir kritis siswa yang menunjukkan bahwa LKS berbasis problem based learning terbukti dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning, Berpikir Kritis |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 06:52 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 06:52 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11254 |
Actions (login required)
Lihat Item |