Ernawati, Ernawati (2023) Pembiasaan Sholat Dhuha Dalam Menanamkan Karakter Siswa Kelas 4 dan 5 (Studi Kasus di SD Islam Al-Azhar 10 Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210183_Cover.pdf Download (20kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210183_Lampiran Depan.pdf Download (323kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210183_BAB I.pdf Download (537kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210183_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (610kB) |
||
Teks
S_PAI_181210183_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (344kB) |
||
Teks
S_PAI_181210183_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (361kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210183_BAB V.pdf Download (325kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210183_Daftar Pustaka.pdf Download (428kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait bagaimana pelaksanaan pembiasaan sholat dhuha dalam menanamkan karakter siswa kelas 4 dan 5. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif karena pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembiasaan sholat dhuha dalam menanamkan karakter siswa kelas 4 dan 5 (Studi Kasus di SD Islam Al-Azhar10 Serang) ini dilaksanakan setiap hari pada pukul 06.55–07.30 WIB. secara terus menerus Tahapan pelaksanaanya yaitu: Pertama, guru mengintrusikan siswa untuk segera berwudhu dan mempersiapkan alat sholatnya. Kedua, guru memulai pembiasaan sholat dhuha dengan membimbing bacaan dan gerakan sholat siswa hingga salam dan do’a setelah sholat dhuha. Ketiga, guru mengintruksikan siswa untuk merapikan alat sholatnya ke tempatnya masing-masing. Guru menutup pembiasaan sholat dhuha dengan nasehat dan motivasi pada siswa. Upaya yang guru lakukan meliputi: pembiasaan, keteladanan dan ketegasan serta nasehat dan motivasi. Faktor penghambat, adapun Faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisplinan siswa dan karakter siswa yang beragam. Faktor pendukung, adapun faktor pendukungnya yaitu sarana yang lengkap dan peran guru yang optimal.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembiasaan sholat dhuha, karakter siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 06:43 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 06:43 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11252 |
Actions (login required)
Lihat Item |