Analisis Konsep Pendidikan Seks Untuk Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Yusuf Madani (Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan kitab At-Tarbiyah Al-Jinsiyyah Lil Athfal Wal Al-Baligh

Millah, Siti Shofwatul (2023) Analisis Konsep Pendidikan Seks Untuk Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Yusuf Madani (Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan kitab At-Tarbiyah Al-Jinsiyyah Lil Athfal Wal Al-Baligh. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210074_Cover.pdf

Download (188kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210074_Lampiran Depan.pdf

Download (520kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210074_BAB I.pdf

Download (626kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210074_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (808kB)
[img] Teks
S_PAI_181210074_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (448kB)
[img] Teks
S_PAI_181210074_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (842kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210074_BAB V.pdf

Download (375kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210074_Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pendidikan seks masih sering dianggap suatu hal yang tabu untuk diajarkan kepada anak, minimnya pengetahuan para pendidik khususnya para orang tua menjadi masalah dalam memberikan pendidikan seks yang benar dan tepat kepada anak. Penelitian ini bertitik tolak dari kerangka berpikir bahwa pemberian pendidikan seks untuk anak adalah memberikan pemahaman kepada anak terkait fungsi-fungsi alat seksual, pentingnya menjaga dan merawat organ intim, dan memberikan pemahaman terkait perilaku pergaulan yang sehat, serta akibat yang terjadi seputar masalah seksual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan konsep pendidikan seks untuk anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Yusuf Madani dan relevansi pemikiran di antara keduanya terhadap pendidikan seks untuk anak serta untuk menambah khazanah intelektual terkait pendidikan seks untuk anak. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Adapun pengumpulan data pada penelitian ini, berpedoman pada konsep pendidikan seks dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan dan kitab At-Tarbiyah Al-Jinsiyyah Lil Athfal Wa Al-Balighin karya Yusuf Madani sebagai sumber data primer dan karya tokoh-tokoh lain yang berkaitan dengan pendidikan seks sebagai data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui analisis isi atau content analisys. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa konsep dalam pemberian pendidikan seks kepada anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Yusuf Madani tidak terlepas dari upaya penyadaran, pengikatan dan pemberian hukuman ketika anak melanggar, serta hal yang berkaitan dengan etika, hukum-hukum fiqih dan hal-hal yang mengenai kesehatan fisik dan psikologis pada anak. Relevansi antara pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Yusuf Madani terhadap pendidikan seks untuk anak dapat dilihat dari pengertian, konsep, serta peran pendidik dalam pemberian pendidikan seks untuk anak. Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Yusuf Madani terhadap pendidikan seks anak sangatlah relevan untuk diterapkan oleh para orang tua, guru dan masyarakat karena sesuai dengan dalil-dalil Al-Qur’an dan Hadits.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan Seks, Anak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 03:31
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 03:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11244

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.