Penerapan Metode Iqra dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Anak Usia Dini di Majelis Ta'lim Ibdtidaul Fallah

Septianingsih, Intan (2023) Penerapan Metode Iqra dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Anak Usia Dini di Majelis Ta'lim Ibdtidaul Fallah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210030_Cover.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210030_Lampiran Depan.pdf

Download (954kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210030_BAB I.pdf

Download (415kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210030_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (957kB)
[img] Teks
S_PAI_181210030_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (308kB)
[img] Teks
S_PAI_181210030_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (266kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210030_BAB V.pdf

Download (265kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210030_Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Berdasarkan rumusan masalah tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an di Majelis Taqlim Ibtadiul Fallah, Untuk mengetahui penerapan metode Iqra pada anak usia dini di Majilis Taqlim Ibtidaul Fallah dan, Untuk mengetahui penerapan metode Iqra dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak usia dini di Majelis Taqlim Ibtidaul Fallah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek penelitian adalah para pengajar dan juga peserta didik yang berada di Majelis Taqlim Ibdatul Fallah adapun subjek dalam penelitian ini adalah Guru mengaji berjumlah dua orang (Ustad dan Ustadzah) yang mengajar merupakan sumber data untuk mengetahui penggunaan metode Iqra’ dan peserta didik yang mengikuti pengajian di Majelis Taqlim digunakan sebagai sumber data untuk mengetahui proses pembelajaran membaca Al-Quran. Peserta didik yang menjadi sumber data penelitian adalah peserta didik dengan rentang umur usia dini (3 sampai dengan 8 tahun) berjumlah 13 orang, dengan rentang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar. Adapun objek dalam penelitian ini adalah metode Iqra Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penyajian kesimpulan. Sedangkan data dianalisis dengan metode deskriptif dengan mendeskrifsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, kemudian mengambil kesimpulan dengan metode induktif. Hasil penelitian ini adalah Berdasarkan pembahasan kegiatan yang dilakukan menggunakan metode Iqra yang dilakukan oleh pengajar di Majelis Talqlim Ibtidaul Fallah. bahwa metode Iqra diterapkan di Majelis Taqlim Ibtidaul Fallah masih belum maksimal. Pengajar yang dipanggil oleh ustadz maupun ustadzah menggunakan metode Iqra yang sesuai dengan bersumber dari buku Jilid 1-6, sesuai dengan kemampuan dari santri atapun santriwati. Untuk anak usia dini, ustadz maupun ustadzah mengajarkan huruf hijaiah dengan buku Iqra jilid 1. Sebagaimana diketahui, buku Iqra Jilid 1 merupakan buku yang memberikan materi mengenai perbedaan huruf hingga makharijul huruf yang tepat, kemampuan anak-anak yang belajar mengaji di Majelis Taqlim Ibtidaul Fallah sebelum dan sesudah diberikan pengajaran dengan metode Iqra berbeda. Dimana ketika metode tersebut belum diajarkan, peserta didik akan sedikit kesulitan membaca huruf hijaiah dan juga kurang tepat dalam membunyikan suatu rangkaian kata baik yang berada di buku Iqra ataupun di dalam Al-Qur’an. Akan tetapi, ketika metode iqra digunakan oleh pengajar untuk mengajarkan huruf-huruf dan juga rangkaian huruf yang ada di buku Iqra maupun Al-Qur’an, adanya perkembangan yang terjadi dari awalnya yang tidak dapat membaca iii hingga dapat membaca dan juga membedakan huruf serta panjang pendeknya. Dan pengajar di Majelis Taqlim Ibdatul Fallah ini cukup berpengalaman dalam mengajar. maka dapat disimpulkan bahwa pengajar sudah cukup terampil dalam mengajarkan melalui metode iqra’. Pengajar juga memberikan beberapa metode serta teknik yang bervariasi dalam mengajar, seperti memberikan pembelajaran klasikal secara idividual maupun kelompok, kemudian diajarkan menghafal asmaul husna dengan cara dinyanyikan, diajarkan menghafal surat-surat Al�Qur’an dan doa’-do’a pendek serta diberikan pembelajaran mengenai ilmu-ilmu agama seperti rukun Islam, rukun Iman, tata cara sholat yang benar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penerapan Metode Iqra, Peningkatan, Kemampuan Membaca Al-Quran, Anak Usia Dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2023 09:07
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2023 09:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.