Febriyani, Annisa (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV di SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240097_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (130kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240097_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (628kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240097_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (188kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240097_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (351kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240097_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (607kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240097_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (975kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240097_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (167kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240097_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan dan keefektivan dari pengembangan LKPD matematika berbasis Realistic Mathematic Education untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV di SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukatani VI yang berjumlah 35 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara kualitatif untuk data yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan analisis data secara kuantitatif didapatkan dari hasil validasi ahli, kuesioner respon guru, dan kuesioner respon peserta didik. Hasil analisis validasi dari ahli diperoleh penilaian hasil validasi ahli pendidikan matematika dengan presentase 83% dikategorikan “Baik/Valid”. Berdasarkan respon guru diperoleh hasil penelitian dengan presentase 96% dikategorikan “Sangat Baik/Layak” dan respon peserta didik diperoleh hasil penilaian dengan presentase 90,28% dikategorikan “Sangat Baik” untuk digunakan. Dari hasil uji coba pengembangan untuk menilai keefektivan dengan pre tes dan post test mendapatkan nilai 88,5 diatas KKM atau presentanse 82,8% dapat dikategorikan “Sangat Efektif” untuk digunakan, serta rekapitulasi hasil pre test dan post tes menggunakan uji coba N-Gain mendapatkan nilai 0.82 siswa mengalami pengembangan dan peningkatan hasil belajar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Realistic Mathematic Education, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 08:17 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 08:19 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11231 |
Actions (login required)
Lihat Item |