Hidayati, Susi (2023) Pengembangan Modul Bergambar Berbasis Budaya Lokal Banten untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240136_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (26kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240136_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240136_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (474kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240136_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (651kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240136_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (888kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240136_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240136_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (320kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240136_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (306kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan modul bergambar, kelayakan modul bergambar dan efektifitas modul bergambar berbasis budaya lokal Banten pada materi perkalian kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, angket (kuesioner), dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 88,5% dengan kategori “sangat layak”, hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 100% dengan kategori “sangat layak” dan hasil validasi dari guru memperoleh persentase 100% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test memperoleh rata-rata N-Gain mencapai 0,7725 dengan kategori tinggi dan memperoleh persentase N-Gain 77,253 dengan kategori efektif. Sehingga dapat diketahui bahwa modul bergambar layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Modul Bergambar, Perkalian, Hasil Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 07:37 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 07:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11227 |
Actions (login required)
Lihat Item |