Pengembangan Modul Bergambar Berbasis Budaya Lokal Banten untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Hidayati, Susi (2023) Pengembangan Modul Bergambar Berbasis Budaya Lokal Banten untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240136_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240136_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240136_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (474kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240136_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (651kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240136_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (888kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240136_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240136_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240136_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (306kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan modul bergambar, kelayakan modul bergambar dan efektifitas modul bergambar berbasis budaya lokal Banten pada materi perkalian kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, angket (kuesioner), dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 88,5% dengan kategori “sangat layak”, hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 100% dengan kategori “sangat layak” dan hasil validasi dari guru memperoleh persentase 100% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test memperoleh rata-rata N-Gain mencapai 0,7725 dengan kategori tinggi dan memperoleh persentase N-Gain 77,253 dengan kategori efektif. Sehingga dapat diketahui bahwa modul bergambar layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul Bergambar, Perkalian, Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2023 07:37
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2023 07:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11227

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.