Asiyah, Tuti (2023) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia dengan Penerapan Model Pembelajaran Deep Dialogue Melalui Pendekatan Saintifik (PTK di kelas III MI An-Nahwa Kec. Taktakan Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240082_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (113kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240082_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (930kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240082_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (222kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240082_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (373kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240082_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (145kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240082_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (345kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240082_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini bahwa keterampilan berbicara siswa masih rendah, siswa cenderung diam dan tidak aktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia sehingga menyebabkan hasil belajar siswa belum memenuhi standar kelulusan yaitu 75. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1. bagaimana penerapan model pembelajaran deep dialogue pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III MI An-nahwa? 2. Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran deep dialogue di kelas III MI An-nahwa? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis Taggert. Peneltian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah: bahwa penggunaan model pembelajaran deep dialogue melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata dan semakin aktif peran siswa dalam pembelajaran. Keaktifan siswa meningkat hal ini dapat dilihat pada peningkatan antara pra siklus, siklus I dan siklus II, Adapun peningkatan keterampilan dan hasil belajar siswa pada pra siklus mendapatkan nilai rata-rata sebesar 64,08 dengan ketuntasan belajar 36%, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,68 dengan ketuntasan belajar 60%, dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,04 dengan ketuntasan belajar mencapai 88%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Deep Dialogue dan Pendekatan Saintifik, Bahasa Indonesia |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 06:28 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 06:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11221 |
Actions (login required)
Lihat Item |