Nardiyah, Nardiyah (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tirtayasa Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210026_Cover.pdf Download (282kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210026_Lampiran Depan.pdf Download (691kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210026_BAB I.pdf Download (706kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210026_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (718kB) |
||
Teks
S_PAI_181210026_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (356kB) |
||
Teks
S_PAI_181210026_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (871kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210026_BAB V.pdf Download (289kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210026_Daftar Pustaka.pdf Download (401kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tirtayasa Kabupaten Serang. 2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru PAI dalam melakukan upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tirtayasa Kabupaten Serang. Metode yang peneliti gunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tirtayasa Kabupaten Serang adalah sebagai berikut: 1) Tadarus rutin. 2) Guru mewajibkan siswa mengaji di rumah dengan guru ngaji. 3) Memberikan jam tambahan di luar jam pelajaran 4) Memilih metode yang tepat dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Dan kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tirtayasa Kabupaten Serang diantaranya adalah sebagai berikut: 1) Faktor dari siswa yang kurang motivasi, semangat dan minat dalam membaca Al-Qur’an. 2) Faktor orangtua yang kurang mendukung anaknya terutama dalam pembelajaran Al-Qur’an. 3) Keterbatasan waktu jam pelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan adanya upaya tersebut siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tirtayasa Kabupaten Serang mengalami peningkatan walaupun masih ada beberapa siswa yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an. dan belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Upaya Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 04:32 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 04:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11219 |
Actions (login required)
Lihat Item |