Strategi Guru PAI dalam Menghadapi Kesulitan Belajar Siswa (Di SMP Negeri 5 Padarincang Satu Atap)

Ubadi, Aceng (2023) Strategi Guru PAI dalam Menghadapi Kesulitan Belajar Siswa (Di SMP Negeri 5 Padarincang Satu Atap). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101841_Cover.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101841_Lampiran Depan.pdf

Download (747kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101841_BAB I.pdf

Download (248kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_142101841_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (392kB)
[img] Teks
S_PAI_142101841_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (169kB)
[img] Teks
S_PAI_142101841_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (271kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101841_BAB V.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_142101841_Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan Penelitian ini ialah membahas tentang bagaimana strategi guru PAI dalam menghadapi kesulitan belajar siswa. Kajiannya dilatarbelakangi oleh masih belum efektifnya guru menerapkan strategi pembelajaran dalam proses penyampaian materi PAI yang terjadi pada siswa SMP Negeri 5 Padarincang Satu Atap. Strategi pembelajaran yang diterapkan guru akan tergantung pada pendekatan yang digunakan, sedangkan bagaimana menjalankan strategi itu dapat ditetapkan melalui strategi pembelajaran. 1. Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 5 Padarincang Satu Atap adalah dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) yaitu mencari pokok persoalan atau masalah kemudian mendapatkan solusinya. Kemudian pendekatan yang dilakukan guru PAI di SMP Negeri 5 Padarincang Satu Atap yaitu melalui cara pendekatan secara pribadi (personal) antara guru dan siswa Selanjutnya guru melakukan bimbingan membaca Al-Quran melalui Les Mengaji yang diadakan setiap hari jumat. 2. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 5 Padarincang Satu Atap, ada dua yaitu faktor internal meliputi: kurangnya minat, konsentrasi, dan motivasi siswa untuk belajar. Dan faktor eksternal meliputi: kurangnyaa bimbingan orang tua khususnya dalam hal membaca Al-Quran, minimnya ekonomi keluarga (faktor ekonomi) sehingga siswa tidak semangat dalam belajar, media massa yang semakin canggih terutama perkembangan media sosial dan aplikasi sosial oleh sebab itu siswa lebih lama menghabiskan waktunya untuk bermain handphone ketimbang untuk belajar dan membaca Al-Qur’an baik di sekolah atau dirumah, dan juga lingkungan masyarakat, lingkungan masyarakat ini berkaitan dengan pergaulan siswa sehari-hari setelah selesai belajar di sekolah. 3. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP 5 Padarincang Satu Atap, yaitu melakukan pengamatan artinya Pengamatan adalah suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami tentang suatu objek pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi�informasi yang dibutuhkan dalam hal ini guru PAI. Pendekatan, iii pendekatan dapat diartikan sebagai titik awal atau perspektif proses pembelajaran, yang mengacu pada pandangan tentang terjadinya proses yang masih sangat umum. Dimana pendekatan ini bertujuan untuk mewujudkan, menginspirasi, memperkuat, dan mendasari metode pembelajaran dan strategi pembelajaran dengan ruang lingkup teoritis agar tercapainya tujuan siswa belajar. secara langsung denga siswa, memberikan bimbingan melalui Les Mengaji yang dilaksanakan setiap hari jumat dan yang terakhir melaksanakan Evaluasi, dalah proses menentukan nilai atau hasil suatu persoalan atau objek berdasarkan pada rangka acuan pelajaran atau proses pembelajaran tertentu untuk menentukan tujuan pembelajaran PAI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi, Guru PAI, Kesulitan Belajar Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2023 03:20
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2023 03:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.