Awaliyah, Rohmi (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Tema Berbagai Pekerjaan Sub Tema Pekerjaan Orang Tuaku dengan Pendekatan Kontekstual (R&D di Kelas IV MIS Al-Khaeriyah Badak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240067_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (97kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240067_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (955kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240067_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (242kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_161240067_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (233kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240067_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (594kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240067_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (971kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_161240067_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240067_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa modul pembelajaran tematik dan mengetahui bagaimana pengembangan dan kelayakan modul pembelajaran tematik Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” Subtema 3 “Pekerjaan Orang Tuaku” dengan pendekatan kontekstual untuk kelas IV MIS Al-Khaeriyah Badak. Pokok bahasan dalam metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) yang disarankan oleh S. Thiagarajan, yaitu model pengembangan 4D dengan 4 langkah yaitu: (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Disseminate (Penyebaran). Uji coba dilakukan kepada 22 peserta didik kelas IV MIS Al-Khaeriyah Badak sebagai responden dan para validator ahli media dan materi untuk menilai kelayakan produk yaitu modul pembelajaran tematik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil rekapitulasi secara keseluruhan aspek dari ketiga validator memperoleh nilai rerata skor 4,6. Sesuai kriteria kelayakan produk, rerata skor secara keseluruhan aspek ini termasuk kategori sangat valid. Tingkat kesepakatan antar setiap penilai mendapatkan skor 87%. Sesuai kriteria kelayakan produk, skor ini lebih besar dari skor minimal yaitu 85%. Serta hasil penilaian uji coba produk kepada peserta didik mendapatkan kualifikasi rata-rata skor 4,8. Sesuai kriteria kelayakan produk, skor ini termasuk ke dalam kategori sangat layak. Maka hal ini menunjukkan bahwa produk berupa modul pembelajaran tematik tema 4 sub tema 3 layak untuk digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Modul, Pembelajaran, Tematik, Kontekstual |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2023 08:32 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2023 08:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11206 |
Actions (login required)
Lihat Item |