Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Kelas V MI Daarul Ilmi

Febrianti, Resti Mulya (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Kelas V MI Daarul Ilmi. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240094_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240094_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (760kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240094_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (196kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240094_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (296kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240094_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (450kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240094_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (730kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240094_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240094_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (760kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika pada kelas V MI Daarul Ilmi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika kelas V MI Daarul Ilmi digolongkan menjadi tiga yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah dimana dari 33 jumlah siswa hanya 4 (12,12%) siswa pada kategori tinggi, 10 siswa (30,30%) pada kategori sedang dan 19 siswa (57,57%) pada kategori rendah. Pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika dapat dilihat dari 4 indikator berpikir kritis yang menunjukkan bahwa indikator interpretasi masuk dalam kategori sedang, indikator analisis masuk dalam kategori rendah, indikator evaluasi masuk dalam kategori rendah dan indikator inferensi masuk pada kategori rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika kelas V MI Daarul Ilmi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran dengan penyebut berbeda masuk dalam kategori rendah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kemampuan Berpikir Kritis, Soal HOTS Matematika
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 01 Feb 2023 08:25
Perubahan Terakhir: 01 Feb 2023 08:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11205

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.