Fasihati, Ati (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Antalogi Cerita Rakyat Banten Tema Lingkungan Tempat Tinggalku pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Hayat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181250030_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181250030_LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (456kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181250030_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (247kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181250030_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (297kB) |
||
Teks
S_PGMI_181250030_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (321kB) |
||
Teks
S_PGMI_181250030_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (647kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181250030_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (176kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181250030_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat banten tema lingkungan tempat tinggalku pada siswa kelas IV MI Miftahul Hayat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian (reseacrch and development) model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), dan 4) penyebaran (disseminate). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan sampel 12 siswa kelas IV MI Miftahul Hayat. Dalam pengujian validasi meliputi tiga aspek yaitu: aspek tampilan, aspek kelayakan, dan aspek pemanfaatan. Hasil bahan ajar yang dikembangkan merupakan kriteria valid dan layak dalam hitungan (Skala likert) berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV. Kualitas kelayakan bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat Banten yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dengan uji validasi oleh beberapa para ahli meliputi validasi ahli materi dengan memperoleh skor persentase sebesar 90% dengan katagori „‟sangat layak‟‟, validasi ahli media memperoleh skor persentase sebesar 86% dengan katagori „‟layak‟‟, dan validasi guru kelas IV dengan skor persentase sebesar 90% dengan katagori „‟sangat layak‟‟. Berdasarkan hasil respon siswa MI Miftahul Hayat pada uji coba skala kecil atau yang disebut dengan uji coba terbatas memperoleh skor persentase sebesar 92% dengan kriteria „‟sangat baik‟‟. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis antalogi cerita rakyat Banten layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bahan Ajar, Antalogi Cerita Rakyat Banten, Tema Lingkungan Tempat Tinggalku |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2023 07:53 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2023 07:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11202 |
Actions (login required)
Lihat Item |