Implementasi Metode Punishment Dan Reward Berbasis Budaya Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Nuruddin Ciomas

Mahbubi, Rizqya Imamul (2023) Implementasi Metode Punishment Dan Reward Berbasis Budaya Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Nuruddin Ciomas. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210080_Cover.pdf

Download (18kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210080_Lampiran Depan.pdf

Download (628kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210080_BAB I.pdf

Download (204kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210080_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (427kB)
[img] Teks
S_PAI_181210080_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (157kB)
[img] Teks
S_PAI_181210080_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (241kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210080_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210080_Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pondok pesantren yang menjadi salah satu Lembaga non formal tentu ikut berperan dalam pembentukan karakter disiplin anak usia pelajar. Salah satu upaya yang dilakukan pondok pesantren yaitu dengan menerapkan metode punishment dan reward. Penerapan punishment dan reward di pondok pesantren tentu mempunyai gaya yang berbeda dengan punishment dan reward yang ada di Lembaga pendidikan lainnya. Metode punishment dan reward yang dipakai di pesantren berlandaskan pada nilai-nilai moral keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi bentuk punishment dan reward di pondok pesantren Miftakhul Huda Nurruddin Ciomas, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode punishment dan reward di pondok pesantren Miftakhul Huda Nurruddin Ciomas, dan untuk mengetahui dampak penerapan metode punishment dan reward dalam pembentukan karakter disiplin santri di pondok pesantren Miftakhul Huda Nurruddin Ciomas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan bentuk punishment di pondok pesantren Miftahul Huda Nuruddin berupa hukuman seperti menulis istighfar, dicambuk dengan rotan, digundul, membacakan kesalahan di depan umum, meminta maaf kepada pimpinan pondok, dan dikeluarkan dari pondok pesantren. Sedangkan pelaksanaan program reward dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan bentuk rewardnya berupa materi dan non materi. Contohnya reward berupa materi yaitu makanan dan bingkisan berupa alat tulis atau kebutuhan santri lainnya. Untuk reward non materi ini berupa pujian, ucapan motivasi, dan lain sebagainya. Faktor pendukung dalam penerapan metode punishment (ta’zir) di pondok pesantren Miftahul Huda Nuruddin yang paling utama yaitu adanya peran pimpinan dan pengurus pondok pesantren yang kooperatif terhadap pelaksanaan program punishment. Adapun faktor penghambat yang paling utama yaitu keterbatasan sarana dan prasarana. Dampak dari penerapan metode Punishment dan Reward di pondok pesantren Miftahul Huda Nuruddin yaitu santri lebih disiplin dengan adanya program punishment yang diterapkan di pondok pesantren tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Punishment, Budaya Pesantren, Karakter Disiplin.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 01 Feb 2023 07:50
Perubahan Terakhir: 01 Feb 2023 07:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11199

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.