Kartina, Kartina (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Budaya Lokal pada Mata Pelajaran IPS (R&D di Kelas VI MI Tarbitayul Mubtadiin Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240011_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (56kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240011_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (764kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240011_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (243kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240011_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (470kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240011_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (313kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240011_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240011_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240011_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan Media pembelajaran scrapbook berbasis budaya lokal pada mata pelajaran IPS dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook berbasis budaya lokal pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatul Mubtadiin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Model 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Produk diuji cobakan secara terbatas pada kelas IV MI Tarbiyatul Mubtadiin dengan sampel 9 siswa. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek fisik/tampilan, aspek pemanfaatan, aspek bahasa dan materi yang melibatkan beberapa validator yaitu ahli media, ahli materi dan guru. Hasil Rekapitulasi keseluruhan penilaian dari tiga aspek berdasarkan tiga validator memperoleh 4,2 sesuai kriteria kelayakan produk, rerata skor Aspek keseluruhan ini dinyatakan “valid” yang berarti media pembelajaran layak digunakan. Dan penilaian hasil validasi dari hali media memperoleh sebesar 88.3% dengan kategori “sangat layak”, ahli materi sebesar 88% dengan kategori “sangat layak”, guru sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”, selanjutnya hasil respons siswa terhadap media pembelajaran scrapbook berbasis budaya lokal menunjukan skor 98% termasuk Respon “sangat baik”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran scrapbook berbasis budaya lokal pada mata pelajaran IPS yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dalam pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran Scrapbook, Budaya Lokal, IPS |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2023 07:20 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2023 07:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11198 |
Actions (login required)
Lihat Item |