Analisis Dampak Kehadiran Ritel Modern Terhadap Ritel Tradisional Di Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang

Asturiyah, Asturiyah (2023) Analisis Dampak Kehadiran Ritel Modern Terhadap Ritel Tradisional Di Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_181410216_COVER.pdf

Download (27kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_181410216_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (484kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_181410216_BAB I.pdf

Download (430kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EKIS_181410216_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (418kB)
[img] Teks
S_EKIS_181410216_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (284kB)
[img] Teks
S_EKIS_181410216_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (80kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_181410216_BAB V.pdf

Download (14kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EKIS_181410216_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Perkembangan ritel modern sudah sangat tinggi bahkan sudah menjamur hampir di setiap sudut kota dan wilayah pedesaan. Indonesia naik tiga peringkat ke posisi lima besar di antara 200 negara berkembang dalam Global Ritel Development Index 2019 versi AT Kearney yang dilansir pada Januari 2020. Meningkatnya ritel baik ritel modern dan ritel tradisional akan membuat persaingan antar ritel menjadi semakin kuat termasuk di Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang. Penelitian ini dilakukan di Pasar Waringinkurung untuk mengetahui dampak kehadiran ritel modern terhadap ritel tradisional. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Apakah perbedaan ritel modern dan ritel tradisional?. 2). Bagaimana tingkat pendapatan ritel tradisional sebelum dan sesudah adanya ritel modern? 3). Apakah terdapat perbedaan jumlah pembeli/konsumen pada ritel tradisional sebelum dan sesudah adanya ritel modern? 4). Apakah ada perbedaan jam kerja/operasional pada ritel tradisional sebelum dan sesudah adanya ritel modern? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui perbedaan ritel modern dan ritel tradisional. 2). Untuk mengetahui tingkat pendapatan ritel tradisional sebelum dan sesudah adanya ritel modern. 3). Untuk mengetahui perbedaan jumlah pembeli/konsumen pada ritel tradisional sebelum dan sesudah adanya ritel modern. 4). Untuk mengetahui jam kerja/operasional pada ritel tradisional sebelum dan sesudah adanya ritel modern. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di lapangan (field research), metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan sampel penelitian sebanyak 12 toko/kios yang aktif di Pasar Waringinkurung. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya perbedaan ritel modern dan ritel tradisional yaitu dari segi tempat ritel tradisional lebih sederhana sesuai dengan toko/kios yang telah disediakan oleh pengelola pasar, permodalan sedikit yang bersumber dari pribadi, adanya proses tawar menawar barang sebelum terjadinya kesepakatan harga, serta strategi bisnis yang dilakukan oleh pedagang toko/kios yaitu dengan melakukan penawaran barang yang dijual kepada pembeli/konsumen secara langsung, persaingan harga dengan memberikan harga rendah dibanding dengan ritel modern atau pedagang lainnya. Hal ini menyebabkan tingkat pendapatan pedagang ritel tradisional menurun dan sejalan dengan jumlah pembeli/konsumen yang menurun pula di Pasar Waringinkurung, namun adanya ritel modern tidak berpengaruh pada jam kerja/operasional ritel tradisional di Pasar Waringinkurung.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dampak, Ritel Modern, Ritel Tradisional
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Jan 2023 04:00
Perubahan Terakhir: 27 Jan 2023 04:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11122

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.