Dewi, Nurul Uliya (2023) Implementasi Manajemen Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di MIS Mathla’ul Anwar Barengkok Kabupaten Bogor. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_181250038_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (123kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250038_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (873kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250038_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (307kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_181250038_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (240kB) |
||
Teks
S_MPI_181250038_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (215kB) |
||
Teks
S_MPI_181250038_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (343kB) |
||
|
Teks
S_MPI_181250038_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (79kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250038_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (76kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen pembelajaran dalam pembentukan karakter islami siswa di MIS Mathla'ul Anwar Barengkok. Penelitian dilakukan di MIS Mathla'ul Anwar Barengkok. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana karakter islami siswa, implementasi manajemen pembelajaran dalam pembentukan karakter islami siswa, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen pembelajaran dalam pembentukan karakter islami siswa di MIS Mathla'ul Anwar Barengkok, juga solusi manajemen pembelajarandalam pembentukan karakter islami siswa di MIS Mathla'ul Anwar Barengkok. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah. Dalam implementasi manajemen pembelajaran di MIS Mathla'ul Anwar ini melalui tiga proses manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pertama, perencanaan, perencanaan meliputi perumusan program-program yang akan dilakukan di MIS Mathla'ul Anwar tersebut selama satu tahun kedepan, baik program kegiatan sekolah maupun kegiatan keseharian di MIS Mathla'ul Anwar. Kedua pelaksanaan pembelajaran di MIS Mathla'ul Anwar ini meliputi tiga kegiatan, kegiatan awal, kegiatan inti dan Kegiatan akhir. Dan ketiga kegiatan evaluasi, kegiatan evaluasi di MIS Mathla'ul Anwar ini terdapat dua macam evaluasi, yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Dalam menyikapi berbagai karakter siswa yang bereda-beda dan mengharapkan siswa memiliki karakter yang positif dalam kehidupan sehari-hari, hendaknya pihak sekolah dapat menciptakan lingkungan yang dapat mendukung terciptanya pembinaan karakter islami tersebut. Jika keberadaan lingkungan sekitar mampu mencerminkan aktivitas positif bagi pembentukan karakter islami, maka mampu memberikan kontribusi yang baik bagi pelaksanaan pendidikan itu sendiri.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi, Manajemen Pembelajaran, Karakter Islami |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 27 Jan 2023 03:42 |
Perubahan Terakhir: | 27 Jan 2023 03:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11116 |
Actions (login required)
Lihat Item |