Upaya Muallaf dalam Membentuk Keluarga Sakinah Ditinjau dari Hukum Islam (Studi Kasus Kelurahan Kedaleman Kecamatan Cibeber Kota Cilegon)

Soleh, Zaelani (2023) Upaya Muallaf dalam Membentuk Keluarga Sakinah Ditinjau dari Hukum Islam (Studi Kasus Kelurahan Kedaleman Kecamatan Cibeber Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110046_COVER.pdf

Download (183kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110046_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110046_BAB I.pdf

Download (436kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110046_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (263kB)
[img] Teks
S_HKI_181110046_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (480kB)
[img] Teks
S_HKI_181110046_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (417kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110046_BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110046_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (655kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Islam sangat menjunjung tinggi pernikahan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya nash-nash di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah yang mengatur tentang bagaimana mewujudkan sebuah keluarga harmonis yang bahagia atau dengan kata lain keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Akan tetapi bagaimanakah jadinya jika dalam keluarga tersebut minim pengetahuannya tentang agama Islam? Maka yang terjadi dalam peran fungsi keluarga tidak akan terlaksana dengan baik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi keluarga sakinah menurut muallaf di Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Kota. Cilegon?, 2) Bagaimana upaya membentuk keluarga sakinah menurut muallaf di Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Kota Cilegon? dan 3) Bagaimana tinjauan hukum Islam mengenai keluarga sakinah di dalam keluarga muallaf? Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Untuk mengetahui persepsi keluarga sakinah menurut muallaf di kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Kota Cilegon, 2) Untuk mengetahui upaya membentuk keluarga sakinah menurut muallaf di Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Kota Cilegon dan 3) Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam mengenai keluarga sakinah di dalam keluarga muallaf. Bentuk metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam, mengembangkan teori, mendeskripsikan realita dan komplekasitas sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Persepsi keluarga sakinah menurut muallaf adalah keluarga yang di dalamnya terdapat ketentraman lahir maupun batin, yang di dalamnya senantiasa saling menjaga komunikasi yang baik, saling mengerti satu sama lain dan menumbuhkan sikap saling percaya. 2). Upaya membentuk keluarga sakinah menurut muallaf dilakukan dengan cara memahami ilmu-ilmu agama yang akan menghantarkan kepada keimanan dan ketenangan serta saling memahami satu sama lain, memiliki sikap saling terbuka, tidak mementingkan ego masing-masing, menjaga komunikasi yang baik, sabar dalam menghadapi ujian, memperhatikan pendidikan agama kepada anggota keluarga, menjaga hubungan baik kepada keluarga besar dan saling membantu dalam memenuhi hak dan kewajiban dan 3). Dalam mengarungi kehidupan berumah tangga, pasangan muallaf sudah menjalankan kehidupan berkeluarga sesuai dengan ketentuan hukum Islam yakni menjalankan rumah tangga sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai suami dan istri, seperti membina keluarga untuk selalu taat dalam menjalankan perintah agama, menciptakan suasana penuh cinta dan kasih sayang, menjalin hubungan baik dengan keluarga, membimbing seorang anak untuk selalu belajar memahami ilmu-ilmu agama, memberikan nafkah yang halal dan membelanjakannya sesuai dengan kebutuhan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.39 Aspek munakahat lainnya
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 20 Jan 2023 08:45
Perubahan Terakhir: 20 Jan 2023 08:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11006

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.