Tradisi Ngembang Cokel Pada Masyarakat Curugbitung Lebak

Fajar, Mulyani (2023) Tradisi Ngembang Cokel Pada Masyarakat Curugbitung Lebak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_161350070_COVER.pdf

Download (100kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_161350070_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (552kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_161350070_BAB I.pdf

Download (267kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_SPI_161350070_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (325kB)
[img] Teks
S_SPI_161350070_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (537kB)
[img] Teks
S_SPI_161350070_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (247kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_161350070_BAB V.pdf

Download (211kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_161350070_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tradisi Ngembang Cokel di Kampung Cokel Desa Curugbitung Kabupaten Lebak Banten dilaksanakan setiap bulan Muharram. Menurut masyarakat setempat Tradisi Ngembang Cokel merupakan bentuk memperingati Haul Raden Kuncung Amarullah sebagai leluhur Desa Curugbitung. Haul merupakan suatu tradisi masyarakat muslim yag sering dilakukan guna untuk memperingati hari kematian seseorang, sekaligus do’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Juga untuk mensyukuri suatu kenikmatan atas segala sesuatu yang telah diterima selama satu tahun yang lalu dan memohon perlindungan, kebaikan, keberkahan hidup untuk tahun yang akan datang. Berdasarkan latar belakang tersebut, perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1). Asal-usul Tradisi Ngembang Cokel pada masyarakat Curugbitung (2). Bagaimana Ritual Ngembang Cokel (3). Pengaruh Tradisi Ngembang Cokel Terhadap Kehidupan Masyarakat Curugbitung. Tujuan penelitian ini yaitu: (1). Untuk Mengungkap Asal muasal Tradisi Ngembang Cokel (2). Untuk Mengungkap Ritual Ngembang Cokel (3). Untuk Mengungkap Pengaruh Tradisi Ngembang Cokel Terhadap Kehidupan Masyarakat Curugbitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kebudayaan, dengan tahapannya sebagai berikut: (1). Observasi: pengamatan secara langsung untuk mencari jawaban, bukti terhadap fenomena sosial guna penemuan data untuk dianalisis (2). Wawancara: percakapan yang dilakukan penulis dengan dua orang atau lebih guna mendapatkan informasi yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian (3). Dokumentasi: pengumpulan catatan,tulisan ataupun gambar. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tradisi ngembang cokel, suatu rangkaian tradisi ritual yang memiliki pengaruh penting dalam kehidupan masyarakat Curugbitung Lebak. Tujuan dari Tradisi ritual ngembang cokel yaitu memohon keselamatan, kesehatan, serta keberkahan atas semua rezeki yang di dapatkan. Masyarakat Curugbitung meyakini bahwa dengan dilaksanakannya Tradisi Ngembang Cokel ini dapat menjauhkan dari marabahaya. Pengaruh dari tradisi ngembang cokel bagi kehidupan sosial di desa tersebut diantaranya yaitu: gotong�royong, menjalin interaksi yang baik antar masyarakat, meningkatkan solidaritas masyarakat. Dilihat dari segi budaya, tradisi ngembang Cokel menjadi salah satu objek wisata religi yang diminati oleh masyarakat muslim, melindungi tradisi ngembang cokel supaya terus dilestarikan sehingga dapat menjadi salah satu budaya tersendiri bagi desa Curugbitung. Dilihat dari sisi ekonomi dengan adanya tradisi ngembang menjadi peluang bagi masyarakat sekitar Curugbitung untuk menigkatkan lapangan penghasilan warga setempat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 19 Jan 2023 08:29
Perubahan Terakhir: 19 Jan 2023 08:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.