Tinjauan Historiografis Atas Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW Karya Moenawar Chalil

Sopiati, St. (2023) Tinjauan Historiografis Atas Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW Karya Moenawar Chalil. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350078_Cover.pdf

Download (36kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350078_Lampiran Depan.pdf

Download (633kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350078_BAB I.pdf

Download (516kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_SPI_171350078_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (410kB)
[img] Teks
S_SPI_171350078_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (561kB)
[img] Teks
S_SPI_171350078_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (563kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350078_BAB V.pdf

Download (378kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350078_Daftar Pustaka.pdf

Download (481kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penulisan sirah nabawiyah merupakan salah satu bentuk penulisan sejarah individual awal dibuat dibandingkan penulisan sejarah bertema umum. Sirah nabawiyah yang dikembangkan merupakan bagian penting dari tradisi penulisan hadis. Karena informasi yang dituliskan adalah bagian dari keseluruhan kehidupan Nabi Muhammad SAW. Salah satu karya sirah nabawiyah adalah Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1936. Merupakan buku sirah nabawiyah pertama karya ulama Indonesia, yaitu Moenawar Chalil. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Model�Model Historiografi Ketokohan Masa Islam? (2) Bagaimana Tinjauan Atas Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW? (3) Bagaimana Analisis Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Model-Model Historiografi Ketokohan Masa Islam (2) Mengetahui Tinjauan Atas Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW (3) Mengetahui Analisis Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yaitu pemilihan topik, pengumpulan sumber (heuristik), kritik (verifikasi), penafsiran (interpretasi), dan penulisan (historiografi). Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa model-model historiografi ketokohan masa Islam terbagi menjadi empat, yaitu al-ansab, sirah, tarjamah, dan thabaqat. Sebagai seorang penulis produktif yang lahir di Kendal Jawa Tengah pada 22 Februari 1908 dan wafat pada 23 Mei 1961 pada usia 53 tahun, Moenawar Chalil telah menghasilkan banyak karya buku. Karya monumental beliau adalah Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW Jilid 1,2,3. Secara garis besar buku tersebut berisi pembahasan seperti buku sirah nabawiyah pada umumnya. Akan tetapi, awal pembahasan dimulai dengan pemaparan kepentingan tarikh dalam Islam. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembahasan keadaan Jazirah Arab sebelum Nabi Muhammad SAW lahir, setelah kelahiran, keluarga, perjuangan, keberhasilan sampai pada wafatnya. Penulisan Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW dilatar belakangi karena pada saat itu orang-orang Islam di Indonesia belum banyak yang tahu mengenai sejarah lengkap kehidupan Nabi Muhammad SAW yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia. Dalam penulisannya Moenawar Chalil menggunakan sumber-sumber berupa Al-Qur’an, kitab-kitab hadis, kitab-kitab sirah, kitab-kitab tafsir, dan kitab-kitab lain yang masyhur. Corak penulisannya adalah mawdhu’iyat atau tematik, yaitu penulisan sejarah berdasarkan tema-tema pembahasan yang bersifat kronologis. Adapun metode yang digunakan yaitu deskriptif-naratif dan deskriptif-analisis (multidimensional).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Jan 2023 07:48
Perubahan Terakhir: 18 Jan 2023 07:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10935

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.