Peran DKM dalam Meningkatkan Pemahamaan Keagamaan Jamaah masjid Agung Sunda Kelapa

Alifuddin, Muhammad Hafizh (2023) Peran DKM dalam Meningkatkan Pemahamaan Keagamaan Jamaah masjid Agung Sunda Kelapa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510085_COVER.pdf

Download (163kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510085_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (513kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510085_BAB I.pdf

Download (204kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510085_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
S_KPI_181510085_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (171kB)
[img] Teks
S_KPI_181510085_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (470kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510085_BAB V.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510085_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Perkembangan yang nampak pada masjid Agung Sunda Kelapa begitu amat Perkembangan yang nampak pada masjid Agung Sunda Kelapa begitu amat pesat dari segi pusat keagamaannya dalam membina masyakat sekitar yang melibatkannya setiap cara yang di senggarakan oleh masjid agung sunda kelapa. Maka masjid agung memberikan memberikan warna khususnya, dalam bertoleransi beragama di wilayah sekitar masjid Agung Sunda Kelapa khususnya dalam keagamaan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja Aktivitas Keagamaan di Masjid Agung Sunda Kelapa?, (2) Bagaimana Peran DKM Masjid Agung Sunda Kelapa dalam Pemahaman Keagamaan di Masyarakat?. Penelitian ini bertujun untuk :1. Untuk mengetahui Aktivitas keagamaan di Masjid Agung Sunda Kelapa, 2. Untuk mengetahui Peran DKM Masjid Agung Sunda Kelapa dalam Pemahaman Keagamaan di Masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, penelitian kualitatif murapakan penelitian yang menjelaskan suatu objek, fenomena atau setting sosial yang dituangkan berbentuk tulisan yang bersifat naratif menjelaskan fenomena apa adanya dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hal ini Peran DKM Masjid Agung Sunda Kelapa dalam Meningkatkan Pemahamaan Keagamaan di Masyarakat sebagai objek analisis penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan 19 Agustus 2022 sampai dengan bulan 14 September 2022. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatlan dua kesimpulan: 1. Aktivitas yang dilaksanakan oleh DKM masjid Agung Sunda Kelapa yaitu Kajian Umum, Buka Puasa senin dan kamis, Sholat jum’at, Kajian Muslimah Muallaf Center, Konsultasi Agama, Idul Fitri dan Adha, Unit Pengumpulan Zakat, Taman Pendidikan Al-Quran, PASKA (pembinaan anak asuh sunda kelapa), Segmen Remaja, dan lainnya. 2. Peran DKM dalam meningkatkan pehamaan keagamaan di masyarakat sangat baik, dari sisi metode dakwah, unsur dakwah, dan media dakwah yang digunakan dan memanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh DKM masjid Agung Sunda kelapa untuk menyiarkan ajaran agama Agama Islam keseluruh negara Indonesia. Dan masyarakat menerima dengan senang hati apa saja yang diberikan dan disampaikan oleh DKM melalui kegiatan atau program seperti hal-nya berbuka Bersama puasa senin dan kamis di lanjutkan dengan kajian malam salasa dan malam kamis yang diisikan oleh pemateri luar biasa dan berkualitas, kajian dhuha, sholat tasbih, dan program-progam lainnya. Selain itu masjid Agung Sunda Kelapa memiliki remaja masjidnya yang Bernama RISKA (remaja Islam sunda kelapa).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Aktivitas Keagamaan, Pemahaman Keagamaan, Peran DKM
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 26 Jan 2023 05:24
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10878

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.