Junianti, Linda (2023) Layanan Bimbingan kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Akhir pada Prodi Bimbingan Konseling Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_161340001_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (105kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_161340001_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (382kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_161340001_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (229kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_161340001_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (442kB) |
||
Teks
S_BKI_161340001_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (220kB) |
||
Teks
S_BKI_161340001_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (287kB) |
||
|
Teks
S_BKI_161340001_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_161340001_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (230kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Motivasi belajar adalah proses internal yang mengaktifkan, memandu dan mempertahankan perilaku dari waktu ke waktu. Individu termotivasi karena berbagai alasan yang berbeda, dengan intensitas yang berbeda. Motivasi sangat diperlukan di dalam belajar, hasil belajar akan optimal, kalau ada motivasi. Membuat sebuah layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa akhir agar dapat termotivasi dan lebih mengetahui faktor yang dapat mengingkatkan motivasi belajar mahasiswa akhir. Dari latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Faktor penghambat apa saja yang dihadapi mahasiswa akhir dalam motivasi untuk belajar? 2. Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok untuk menigkatkan motivasi belajar mahasiswa akhir? 3. Bagaimana hasil penerapan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa akhir. Penelitian ini dilaksanakan di kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Penelitian ini dilakukan terhadap 5 mahasiswa akhir yang sedang menempuh kuliah di salah satu universitas negeri di Banten. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 5 responden, 1 laki-laki dan 4 perempuan. Adapun kelima responden tersebut adalah S(25), MF(24), F(25), L(25) dan LS(24). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian, bahwa ada beberapa faktor yang menghambat mahasiswa akhir dalam motivasi belajar dari ke lima responden adalah rasa malas dalam belajar, kondisi keluarga yang sedang tidak baik, atau tidak adanya motivasi belajar dan dukungan dari keluarga terdekat. Dari beberapa faktor tersebut akhirnya membuat responden malas mengerjakan skripsi dan skripsi pun terbengkalai. Penelitian ini memperlihatkan bahwa setelah melalukan proses layanan bimbingan kelompok konseli dapat sedikit mengalami perubahan dalam berpikir dan kini mereka mulai mampu memotivasi dirinya sendiri.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Layanan Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Mahasiswa Akhir |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 13 Jan 2023 07:21 |
Perubahan Terakhir: | 04 Apr 2024 03:43 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10874 |
Actions (login required)
Lihat Item |