Pola Komunikasi Guru dan Siswa dalam Pembinaan Akhlakul Karimah (Studi Kasus di SMAN 3 Kota Serang)

Falah, Fakhriy (2023) Pola Komunikasi Guru dan Siswa dalam Pembinaan Akhlakul Karimah (Studi Kasus di SMAN 3 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510105_Cover.pdf

Download (95kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510105_Lampiran Depan.pdf

Download (509kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510105_BAB I.pdf

Download (218kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510105_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (596kB)
[img] Teks
S_KPI_181510105_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (290kB)
[img] Teks
S_KPI_181510105_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (566kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510105_BAB V.pdf

Download (233kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510105_Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pentingnya penanaman nilai-nilai akhlak yang merupakan bagian dari pendidikan karakter bagi siswa sekaligus menjadi tanggung jawab guru sebagai pendidik. Guru berperan penting dalam proses pembinaan akhlak bagi siswa dengan dilakukan beberapa cara seperti melalui komunikasi yang efektif. Dengan komunikasi terdapat pesan yang disampaikan oleh guru dan diterima oleh siswa dalam proses pembinaan akhlakul karimah. Maka dari itu pola komunikasi perlu disusun oleh guru agar efisien dan efektif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancaradan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pola komunikasi yang dilakukan antara guru dan siswa dalam pembinaan akhlakul karimah menggunakan komunikasi verbal seperti ajakan, himbauan, nasihat dalam pembelajaran di kelas baik secara satu arah atau luar arah. Adapun nonverbal seperti keteladanan dari guru baik di dalam maupun di luar kelas dengan bentuk kelompok kecil atau kelompok besar. Komunikasi secara verbal dilakukan secara satu arah dan juga dua arah.; 2) faktor pendukung yang mempengaruhi keberhasilan proses komunikasi ialah guru SMAN 3 Kota serang professional dan memiliki kompetensi sesuai bidangnya memegang kendali sepenuhnya atas keberlangsungan pembinaan akhlakul karimah bagi siswa, dan juga ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai. Adapun factor penghambat yang ditemukan ialah factor internal seperti pesan yang disampaikan tidak dipahami, atau kesalah pahaman oleh siswa dalam memaknai pesan guru karena tidak memperhatikan, hal ini biasa disebut missed communication. Adapun factor eksternal ialah dari siswa dengan dipengaruhi lingkungan yang kurang baik, pemanfaat teknologi yang salah dan kurangnya perhatian orang tua dapat mengakibatkan siswa enggan menerima nasihat dari guru dalam mengimplementsikan nilai-nilai akhlakul karimah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi, Guru dan Siswa, Pembinaan Akhlalul Karimah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 01:30
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10866

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.