Strategi Komunikasi Dakwah dalam Pembinaan Anak Yatim dan Dhuafa (Studi Kasus Rumah Pintar Al-Ikhlas Jl. Cinanggung, Kalihgandu, Serang, Banten)

Ulfairah, Naurah (2023) Strategi Komunikasi Dakwah dalam Pembinaan Anak Yatim dan Dhuafa (Studi Kasus Rumah Pintar Al-Ikhlas Jl. Cinanggung, Kalihgandu, Serang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330096_COVER.pdf

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330096_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (397kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330096_BAB I.pdf

Download (294kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_171330096_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (350kB)
[img] Teks
S_KPI_171330096_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (269kB)
[img] Teks
S_KPI_171330096_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (204kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330096_BAB V.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_171330096_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang hidup berkelompok dan membutuhkan manusia lain untuk berkomunikasi dalam memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Sebagai makhluk hidup yang bersosial dan berkelompok manusia tidak terlepas dari komunikasi. Dalam bermasyarakat tentunya akan terjadi pembagian kelompok yang didasari berdasarkan minat dan tujuan yaitu organisasi. Demi mencapai tujuan dalam berorganisasi maka dibutuhkan strategi komunikasi agar tujuan yang direncakan dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana strategi komunikasi dakwah Yayasan Rumah Pintar Al-Ikhlas dalam pembinaan anak yatim dan dhuafa? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dakwah Yayasan Rumah Pintar Al�Ikhlas Serang dalam pembinaan anak yatim dan dhuafa? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah Yayasan Rumah Pintar Al-Ikhlas Serang dalam pembinaan anak yatim dan dhuafa. 2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dakwah Yayasan Rumah Pintar Al-Ikhlas Serang dalam pembinaan anak yatim dan dhuafa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian terbagi atas dua, sumber data primer yang bersumber dari data yang didapatkan dari hasil penelitian lapangan dan sumber data sekunder yang bersumber dari hasil kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian Strategi Komunikasi Dakwah yang dilakukan di Yayasan Rumah Pintar Al-Ikhlas Serang dalam pembinaan anak yatim dan dhuafa dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi dakwah yang digunakan adalah komunikasi pribadi dan komunikasi kelompok. Adapun faktor penghambat nya yaitu kepribadian serta latar belakang anak yang berbeda-beda sehingga membuat para pengajar kesulitan dalam membina mereka dan faktor pendukung nya yaitu para pengajar menggunakan komunikasi yang lemah lembut dan menyenangkan ketika pembelajaran berlangsung sehingga anak-anak merasa aman dan nyaman selama proses pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 01:41
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10847

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.